Jakarta > Pemerintahan

Dishub DKI Akan Tambah 100 Bus Sekolah Gratis di 2018

Rabu, 11 Januari 2017 16:53 WIB
Editor : Andi MZ | Reporter : Amin Hayyu Al Bakki

Kadishub DKI Jakarta Andriyansyah
Kadishub DKI Jakarta Andriyansyah

Share this





Guna meningkatkan pelayanan transportasi gratis, Dishub DKI akan tambah 100 bus sekolah gratis pada tahun anggaran 2018.

CIPAYUNG- Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta akan tambah 100 unit armada bus sekolah gratis pada tahun anggaran 2018. Hal itu dilakukan lantaran masih banyaknya pelajar di DKI Jakarta yang belum merasakan manfaat fasilitas transportasi gratis.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Andriansyah menyampaikan penambahan armada bus sekolah gratis itu dilakukan karena saat ini bus sekolah yang ada hanya sanggup melayani 19 trayek utama ditambah dengan 11 trayek donasi. "Kami juga melayani trayek di rusun, panti sosial sehingga mengurangi jumlah bus di trayek utama," kata Andriansyah usai mengecek bus sekolah gratis di Taman Mini, Cipayung, Jakarta Timur, Rabu (11/1/2017).

Andriansyah menambahkan, nantinya tambahan armada bus sekolah yang baru hanya bisa menampung kapasitas penumpang sekitar 20 sampai 30 orang. Namun idealnya, kata Andriansyah, bus sekolah itu maksimal hanya boleh ditumpangi oleh 25 orang. "25 itu dengan arti kata masih ada yang berdiri tapi tidak terlalu berdesakan karena memang bus sekolah di desain untuk ada yang berdiri," pungkasnya.

 

 

 







Jakarta > Pemerintahan

Ini Fungsi KJP dan KJMU Bagi Warga Jakarta

Minggu, 06 November 2016 17:58 WIB
Editor : Abdul | Sumber : DBS

Kadisdik DKI Jakarta Sopan Arianto
Kadisdik DKI Jakarta Sopan Arianto

Share this





Besaran dana disebut Sopan berbeda antara KJP dan KJMU.

JAKARTA - Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta, Sopan Adrianto mengatakan,  program Kartu Jakarta Pintar (KJP) dan Kartu Jakarta diperuntukkan bagi siswa - siswi tidak mampu dari tingkat SD hingga SLTA negeri, swasta dan madrasah. Besaran dana program KJP yang diterima para siswa tingkat SD hingga SLTA berbeda-beda. 

"Dana KJP siswa sekolah swasta lebih besar dibandingkan negeri karena ditambah SPP. Penerima dana bantuan KJP di sekolah negeri tidak dipungut biaya pendidikan," ujarnya, Minggu (6/11). 

Sopan menjelaskan, dana bantuan pendidikan juga dialokasikan bagi sebanyak 594 mahasiswa berprestasi yang diterima di seluruh perguruan tinggi negeri di Indonesia pada tahun ajaran 2017-2018.  

"Penerima dana program KJMU menerima sebesar Rp 1,5 juta. Mereka tersebar di 74 perguruan tinggi negeri se-Indonesia," jelasnya. 

Sementara, Dinas Pendidikan DKI Jakarta dikatakannya mengalokasikan anggaran bantuan pendidikan sekitar Rp 2,5  triliun pada tahun anggaran 2017.







Jakarta > Pemerintahan

Kadishub DKI : Sistem Drive Thru Uji KIR Untuk Berantas Pungli

Jumat, 28 Oktober 2016 17:26 WIB
Editor : Andi MZ | Reporter : Amin Hayyu Al Bakki

Kadishub DKI Jakarta Andriyansyah
Kadishub DKI Jakarta Andriyansyah

Share this





Kadishub DKI Jakarta Andriyansyah mengatakan sistem Drive Thru Uji KIR untuk berantas pungli karena semua pembayaran melalui bank.

JAKARTA - Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Andriyansyah mengatakan pembenahan sistem Uji KIR Drive Thru dan sistem pendaftaran online bertujuan memberantas pungutan liar (Pungli).

Andriyansyah mengungkapkan hal itu saat peresmian sistem Uji KIR Drive Thru di Unit Pengelola Pengujian Kendaraan Bermotor (UP PKB) di Pulo Gadung, Jakarta Timur, Jumat (28/10/2016). “Ini rekomendasi KPK untuk menghilangkan birokrasi rumit sekaligus menciptakan transparan,” katanya, Jumat (28/10/2016).

Ia menjelaskan kelebihan sistem drive thru terkoneksi secara online sehingga sopir yang mengikuti uji KIR bisa lebih memahami teknologi IT. "Kelebihannya tidak ada lagi pungli karena bayar harus lewat bank,” katanya.







Jakarta > Pemerintahan

Tak Ingin Siswa Bawa Motor, Kepala SMAN 1 Bekasi Minta Bus Sekolah

Kamis, 22 September 2016 19:41 WIB
Editor : Andi MZ | Reporter : Purwanto

Siswa SMA naik motor
Siswa SMA naik motor

Share this





Kepala SMAN 1 Bekasi minta fasilitas bus sekolah setelah Dinas Pendidikan Kota Bekasi melarang siswa SMA bawa motor ke sekolah.

BEKASI – Kepala SMAN 1 Bekasi tak menampik tudingan yang menyebutkan banyak siswanya mengendarai motor ke sekolah. Karena itu, Kepala SMAN 1 Bekasi Mawar meminta pemerintah Kota Bekasi menyediakan bus sekolah.  

Mawar menyampaikan permintaan itu Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi Alexander Zulkarnaen melarang pelajar tingkat SMA dan SMP membawa sepeda motor ke sekolah karena mengancam keselamatan siswa.

Mawar mengatakan risiko kecelakaan di jalan bagi siswa yang menggunakan sepeda motor memang ada. Namun melarang siswa membawa motor harus disertai dengan menyediakan fasilitas bus sekolah. 

"Kami akan mendukung himbauan tersebut, dan akan bersedia ikut aturan pemerintah, namun seyogyanya harus dibarengi dengan fasilitas bus sekolah seperti di Jakarta," kata Mawar kepada infonitas.com pada Kamis (22/9/2016). 







Jakarta > Pemerintahan

Dishub DKI Pastikan MRT Tidak Terganggu Kendala Pembebasan Lahan

Sabtu, 23 Januari 2016 13:43 WIB
Editor : | Sumber : DBS

Andri Yansyah - Kadishub DKI Jakarta
Andri Yansyah - Kadishub DKI Jakarta

Share this





Andri Yansyah, Kepala Dishubtrans DKI Jakarta, memastikan pembangunan MRT tidak terganggu dengan kendala pembebasan lahan.

JAKARTA – Dinas Perhubungan DKI Jakarta memastikan pembangunan depo Mass Rapid Transit (MRT) tidak akan terganggu meski dana pembebasan lahan belum tersedia. Pasalnya, anggaran pembebasan lahan akan diajukan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) 2016.

Hal itu diungkapkan Andri Yansyah, Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI Jakarta. Ia menjelaskan, anggaran pembebasan lahan depo MRT diajukan melalui APBD 2016. Namun dana tersebut tidak bisa ditarik karena ada kendala teknis, “Kami ajukan kembali pada APBD-P 2016,” katanya.  

Mantan Camat Jatinegara Jakarta Timur ini optimis pembebasan lahan rampung pada akhir tahun 2016. Ia menyebut lahan yang sudah dibebaskan sampai saat ini mencapai 92 persen dari 105 hektare, total lahan yang dibutuhkan untuk membangun depo “Sekitar 25 bidang lagi yang belum,” tuturnya.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Syaiful Hidayat meminta agar kendala pembebasan lahan tidak memngganggu pembangunan MRT. Pasalnya, jika pengerjaan moda transportasi massal tersebut tertunda, Pemda DKI akan dikenakan denda oleh pihak konsorsium.







Jakarta > Pemerintahan

Dishub DKI Kandangkan 14 Bus APTB

Senin, 23 Mei 2016 17:01 WIB
Editor : | Sumber : Dbs

Andri Yansyah - Kadishub DKI Jakarta
Andri Yansyah - Kadishub DKI Jakarta

Share this





Sering masuk jalur Transjakarta, Dishub DKI kandangkan 14 APTB. Ada juga 4 unit APTB ditilang.

JAKARTA – Akibat sering masuk jalur Transjakarta, Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI Jakarta mengandangkan 14 angkutan perbatasan terintegrasi bus Transjakarta (APTB). Tindakan tegas ini dilakukan setelah Dishub menerima pengaduan terkait penerobosan jalur Transjakarta.

Demikian diungkapkan Kepala Dishubtrans DKI Jakarta Andri Yansyah. Ia mengatakan, dalam dua pekan terakhir, pihaknya menerima 40 aduan terkait APTB masuk jalur Transjakarta. “Kami juga menilang 4 unit APTB lainnya,” tutur mantan Camat Jatinegara Jakarta Timur ini, Senin (23/5/2016). 

Andri menegaskan, Dishubtrans telah meminta operator APTB mengurus izin ke Kementerian Perhubungan. Selama ini, APTB beroperasi di ibu kota berdasarkan kesepakatan antara Dinas Perhubungan DKI dengan kota-kota sekitar. “Jika sudah ada izin, maka APTB diperbolehkan masuk ke DKI lagi," ujarnya.

 

 







Jakarta > Pemerintahan

Penghapusan 3 in 1, DKI Siapkan Sistem Ganjil Genap

Senin, 16 Mei 2016 10:21 WIB
Editor : | Sumber : Dbs

Ilustrasi Macet
Ilustrasi Macet

Share this





Selain dinilai lebih efektif setelah penghapusan 3 in 1, kebijakan ERP juga dinilai lebih menguntungkan karena memberikan pemasukan bagi kas Pemprov DKI Ja

JAKARTA – Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI Jakarta Andri Yansah mengatakan, Pemprov DKI Jakarta akan melakukan pengkajian penerapan sistem nomor polisi ganjil genap untuk membatasi jumlah kendaraan.

Kajian tersebut bertujuan untuk menyiapkan sistem pengganti program 3 in 1 yang resmi dihapus.  Karenanya, kajian tersebut akan melibatkan berbagai pihak yang terkait.

Tak hanya itu, Pemprov DKI Jakarta pun tengah membicarakan kerja sama dengan Ditlantas Polda Metro Jaya, terkait sosialisasi, pengawasan dan penindakan kebijakan ganjil genap. “Kita sosialisasikan dulu, dilanjutkan dengan ujicoba baru kemudian diterapkan,” jelasnya, Senin (16/5/2016).

Andri menambahkan, ujicoba dan penerapan kebijakan ini akan dilakukan tahun ini. Namun, jaraknya tidak berjauhan dengan penerapan kebijakan Electronic Road Pricing (ERP) pada awal tahun depan.

“Kita akan terapkan di ruas jalan yang ada kebijakan 3 in 1. Rencananya, pagi hari jam 07.00 WIB – 10.00 WIB dan sore hari jam 17.00 WIB – 20.00 WIB,” tutupnya.

Sebelumnya, saat masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Presiden Joko Widodo (Jokowi) lebih memilih penerapan ERP dibanding sistem ganjil genap. Sebab, kebijakan ERP memberikan pemasukan langsung bagi Pemprov DKI Jakarta, berbeda dengan sistem ganjil genap yang tidak memberikan pemasukan.

Bahkan, Pemprov DKI Jakarta ketika itu sudah memiliki konsep untuk membentuk Badan Layanan Umum (BLU) di bawah kendali Dishubtrans DKI Jakarta untuk menerapkan kebijakan ini. Sementara untuk pengelolaan restribusinya akan menggandeng Dinas Pelayanan Pajak DKI Jakarta, serta Polda Metro Jaya untuk penegakan hukumnya.

 







Jakarta > Pemerintahan

Dishubtrans DKI Anggarkan Rp 20 M Beli Mesin Parkir Meter

Jumat, 06 Mei 2016 14:45 WIB
Editor : | Sumber : Dbs

Juru parkir Terminal Parkir Elektronik di Kelapa Gading
Juru parkir Terminal Parkir Elektronik di Kelapa Gading

Share this





Pengadaan mesin parkir meter ini akan diprioritaskan untuk sejumlah wilayah yang mengalami kemacetan akibat parkir on street.

JAKARTA – Guna mendukung penerapan kebijakan parkir meter di Ibu Kota. Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI Jakarta, menganggarkan pembelian terminal parkir elektronik (TPE) sebesar Rp 20.000.000.000.

Kadishubtrans DKI Jakarta Andri Yansah menerangkan, proses pembelian TPE tidak melalui lelang, tapi melalui e-Katalog yang diadakan oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP).

“Tahun lalu TPE gagal lelang. Jadi tahun ini tidak lelang, tapi lewat e-Katalog LKPP. Jadi kalau sudah tayang di e-Katalog, langsung kami beli, lebih mudah,” jelasnya, Jumat (6/5/2016).

Andri menerangkan, dengan anggaran Rp 20.000.000.000 yang disiapkan, pihaknya belum mengetahui dapat memperoleh berapa mesin TPE. Sebab, pihaknya belum mengetahui harga satuan TPE di e-Katalog LKPP yang baru akan terbit 2 bulan mendatang.

Mantan Camat Jatinegara ini menambahkan, nantinya, TPE hasil pengadaan kali ini akan diprioritaskan untuk sejumlah ruas jalan yang mengalami kemacetan akibat parkir on street.

“Kita prioritaskan di kawasan rawan macet, seperti Jalan Hayam Wuruk dan Jalan Gajah Mada. Jumlahnya akan disesuaikan dengan kondisi masing-masing titik, dengan jumlah TPE yang kita peroleh dari dana yang kita anggarkan,” tutupnya.







Jakarta > Pemerintahan

Ini Cara Baru Dishub DKI Sterilkan Jalur Transjakarta

Senin, 02 Mei 2016 21:55 WIB
Editor : | Reporter :

Ilustrasi Transjakarta
Ilustrasi Transjakarta

Share this





Sterilisasi jalur Transjakarta memiliki arti penting, lantaran ketepatan waktu tiba bus seringkali terganggu oleh kendaraan pribadi yang masuk jalur Transjakarta.

JAKARTA - Bus Transjakarta yang diandalkan untuk mengatasi kemacetan di Jakarta, saat ini pengoperasionalannya belum maksimal.

Pasalnya, hingga saat ini masalah sterilisasi jalur terus menganggu kelancaran bus Transjakarta sejak awal diluncurkan.

Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta Andri Yansyah mengatakan, untuk memaksimalkan operasional bus Transjakarta, salah satu caranya memang mensterilisasikan jalur bus.

Hal ini karena kepastian waktu kedatangan bus, selalu terganggu dengan banyaknya kendaraan pribadi yang masuk jalur Transjakarta. Untuk itu, pihaknya juga telah  meminta Dinas Bina Marga untuk segera merealisasikan sterilisasi jalur dengan memasang MCB beton. 

"Saat ini Dinas Bina Marga sudah mengerjakannya. Kami juga bekerja sama dengan kepolisian untuk penegakan hukumnya. Selain itu,kami juga menyediakan petugas dishub untuk menjaga sterilisasi," ujarnya, Senin (2/5/2016).

Andri menerangkan, sterilisasi jalur bus Transjakarta bukanlah hal yang mudah.  Masalah ini disebut menyangkut dengan budaya masyarakat dalam berkendaraan.

“Artinya, untuk mensterilisasikan jalur diperlukan pemaksaan, agar masyarakat meninggalkan kendaraan pribadi dan beralih ke transportasi massal,” tukasnya.

Adapun pemaksaan yang dimaksud, kata Andri, antara lain memberlakukan pembatasan kendaraan melalui Electronic Road Pricing (ERP) dan larangan roda dua.

“Sehingga,  nantinya masyarakat bisa dipaksa meninggalkan kendaraan pribadi dan mengunakan bus yang telah disediakan,” tutupnya.







Jakarta > Pemerintahan

Ahok Pede Transjakarta Sambangi Penyangga Ibu Kota

Rabu, 20 April 2016 16:53 WIB
Editor : | Sumber : Dbs

Bus Transjakarta Scania
Bus Transjakarta Scania

Share this





Ahok mengklaim, PSO yang dimiliki Transjakarta memungkinkan operasional hingga ke wilayah penyangga Ibu Kota.

GAMBIR – Mulai pekan depan layanan armada Transjakarta menjangkau warga Depok, Bekasi dan Tangerang. Gubernur DKI Jakarta menjamin, perluasan jangkauan operasional ini tidak akan menimbulkan permasalahan.

Sebab, Public Service Obligation (PSO) untuk PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menurut Ahok, memadai untuk menjangkau kawasan penyangga Ibu Kota.

“Hitung kami bukan berdasarkan penumpang. Tapi, Rupiah per kilometer, berapa jauh bus itu jalan, kosong atau ada penumpang, tetap jalan, tetap kami bayar,” ujar Ahok, Rabu (20/4/2016).

Sebelumnya, Kadis Perhubungan & Transportasi (Hubtrans) DKI Jakarta Andri Yansah mengatakan, mulai minggu depan layanan Transjakarta menjangkau warga Depok, Bekasi dan Tangerang dengan tarif Rp 3.500.

“Tentu kita harapkan, beroperasionalnya Transjakarta sampai ke daerah penyangga, jumlah kendaraan pribadi yang masuk ke Ibu Kota dari daerah penyangga bisa berkurang. Untuk rutenya, masih kita matangkan,” tandasnya.

Untuk diketahui, PT Transjakarta sendiri membuka kemungkinan pembukaan rute baru bagi wilayah penyangga Ibu Kota, lewat kerja sama dengan pihak pengembang di kota tersebut.







Jakarta > Pemerintahan

Begini Manfaat Aplikasi Bus Sekolah

Selasa, 19 April 2016 11:16 WIB
Editor : | Sumber : beritajakarta.com

Bus Sekolah Gratis
Bus Sekolah Gratis

Share this





Dengan aplikasi ini orang tua/wali murid bisa mengetahui rute bus, perjalanan bus, dan lain sebagainya hanya melalui telepon genggam.

JAKARTA – Aplikasi bus sekolah untuk memudahkan orang tua/ wali murid memantau pergerakan bus sekolah. Aplikasi ini bisa di download di telepon genggam berbasi andoroid.

Kepala Unit Pelayanan Angkutan Sekolah (Upas) Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI, Mohammad Insaf mengatakan, Dishubtrans sudah menyiapkan aplikasi tersebut. Di dalam aplikasi tersebut masyarakat bisa mengetahui informasi tentang rute bus sekolah, rute jadwal, rekam perjalanan bus dan sebagainya.

"Bahkan kita juga bisa tahu posisi bus, kecepatan kendaraan, nama pengemudi dan kondekturnya. Sebab aplikasi didukung dengan Google Maps," kata Insaf, Selasa (19/4). Aplikasi bus gratis ini sudah mulai sejak Desember 2015. Namun, aplikasi tersebut mulai efektif pada hari Sabtu 9 April 2016.

Insaf melanjutkan, sejuah ini aplikasi tersebut sudah di download 1.000 kali lebih. Jumlah ini diyakini akan terus bertambah karena aplikasi ini sangat bermanfaat bagi siswa maupun orangtua murid. "Kami akan mendatangi sekolah-sekolah untuk sosialisasi aplikasi. Sehingga masyarakat semakin tahu tentang bus sekolah," katanya, seperti dikutip beritajakarta.com.

Sejauh ini, lanjut Insaf, sosialisasi baru sebatas dilakukan melalui media sosial. Seperti instagram, twitter, facebook dan media sosial lainnya. Mayoritas warga atau pelajar ini banyak mempertanyakan soal Wifi. Karenanya ia berencana memasang Wifi di setiap bus sekolah, bekerjasama dengan pihak ketiga.

Dia menambahkan, kedepan aplikasi ini akan semakin canggih. Saat ini aplikasi tersebut baru masuk fase ketiga. Pada fase keempat nanti manfaat aplikasi itu semakin luas. Yakni bisa tahu titik halte, bus berhenti dimana dan jumlajh penumpangnya. Termasuk kejadian di dalam bus juga dapat terekam dengan jelas karena bus dilengkapi circuit close television (CCTV).