Tebet > Laporan Utama

Pilkada DKI 2017

Muka Ahok Disobek, Bukan Dicoblos

Rabu, 19 April 2017 16:20 WIB
Editor : Ivan | Reporter : Yatti Febriningsih

Kertas suara yang disobek.
Kertas suara yang disobek.
Foto : Yatti Febriningsih

Share this

0


0


0

Foto Ahok yang ada di surat suara disobek oleh pemilik hak suara. Kejadian ini berlangsung di TPS 5 Tebet Timur III.

TEBET – Ada yang beda saat penghitungan suara berlangsung di Tempat Pemilihan Suara (TPS) 5 Tebet Timur III, Tebet, Jakarta Selatan. Saat salah satu surat suara dibuka, foto wajah Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut 2 Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) hilang. Hal ini membuat foto Ahok terlihat tanpa kepala.

"Mungkin pelakunya tidak mengerti (cara mencoblos) gitu kan, sebenarnya tidak boleh kan begitu?" tanya Baijuri, salah satu warga setempat yang memantau penghitungan suara di TPS 5 Tebet Timur III, Rabu (19/4/2017).

Baijuri mengaku sangat menyayangkan tindakan pemilih yang melakukan hal seperti itu. Sebab, kata dia, hal ini tidak mencerminkan tertib aturan yang telah dibuat oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Sangat disayangkan sekali yah, karena kan alat peragannya sudah ada, ditusuk pakai paku. Itu kan peraturan dari KPU sendiri seperti itu," imbuhnya.

Baca Juga : Ahok-Djarot Menang di TPS Sandiaga 

Terkait perobekan ini, Baijuri tidak memungkiri adanya unsur kekesengajaan yang dilakukan. Kendati begitu, ia tidak berani berkomentar alasan pelaku melakukan hal tersebut.

"Unsur kesengajaan mungkin ada, tapi apa motifnya saya kurang mengerti," pungkasnya.