Tangerang > Laporan Utama

Pesawat Garuda Nyaris Terbakar di Bandara Soetta

Rabu, 15 Maret 2017 10:45 WIB
Editor : Ivan | Sumber : DBS

Genset terbakar di bawah pesawat Garuda.
Genset terbakar di bawah pesawat Garuda.
Foto : istimewa

Share this





Pesawat ini terkena kobaran api dari genset yang terbakar. Genset berada tepat di bawah badan pesawat tersebut.

TANGERANG – Peristiwa kebakaran terjadi di area parkir T3, Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten. Sebuah genset yang mengalami konsleting langsung mengeluarkan kobaran api dan nyaris membakar habis badan pesawat Garuda.

Beruntung, peristiwa yang terjadi Selasa (15/3/2017) malam sekitar pukul 23.27 itu tidak sampai merusak pesawat dan menimbulkan korban jiwa. Hanya saja, pesawat Garuda Indonesia jenis A330-300 itu harus ditarik ke hanggar guna proses pengecekan menyeluruh.

Gara-gara peristiwa ini, pesawat juga tidak jadi terbang ke Singapura. Penumpang terpaksa ganti pesawat.

 "Pesawat tersebut segera diganti dengan pesawat cadangan guna memastikan kelancaran operasional penerbangan tetap berjalan lancar. Pesawat pengganti melayani penerbangan rute jakarta – Singapura sudah berangkat dengan on time Rabu (15/3/2017), pukul 06.10 WIB tadi pagi,"  ucap VP Corporate Communication PT Garuda Indonesia (Persero), Tbk Benny S Butarbutar.

Benny menjelaskan, sejatinya, kebakaran ini terjadi pada sebuah Ground Power Unit (GPU). GPU tersebut tepat berada di bawah pesawat. Sehingga saat terbakar, pesawat terkena kobaran api dan asapnya.

" Saat itu, teknisi hendak memulai proses pengisian tenaga listrik. Tiba-tiba muncul kepulan asap dari mesin GPU yang dengan cepat diiringi percikan api," terangnya.

Api hanya berkobar selama 10 menit. Soalnya, petugas di lapangan dengan cepat menjinakkan api tersebut. Kobaran api juga tidak sampai melahap habis pesawat Garuda itu.