Tangerang > Laporan Utama

Mirip Adegan Film, Polisi Kejar Pembobol ATM Gading Serpong

Kamis, 16 Maret 2017 11:08 WIB
Editor : Ivan | Sumber : Merdeka.com

Mobil Polisi parkir di sekitar MOI Kelapa Gading
Mobil Polisi parkir di sekitar MOI Kelapa Gading
Foto :

Share this

0





1

Aksi kejar-kejaran antara warga, Polisi, dan pembobol ATM terjadi karena pelaku berusaha melarikan diri.

TANGERANG – Komplotan Pembobol ATM beraksi Rabu(15/3/2017) malam. Mereka membobol ATM yang ada di Indomaret Gading Serpong, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang.

Aksi tersebut berlangsung saat minimarket yang berada dekat Sekolah Pahoa itu sudah dalam keadaan sepi, atau sekitar pukul 23.30 WIB. Setelah berhasil membobol ATM, aksi mereka kepergok satpam yang berjaga di lokasi kejadian. Alhasil, satu pelaku tertangkap dan dua lainnya berhasil lolos.

Tak lama kemudian, pelaku yang ditangkap satpam pun berhasil melarikan diri. “Dia (pelaku) kemudian dijemput oleh dua temannya yang sebelumnya berhasil kabur. Dijemputnya pakai mobil Toyota Avanza bernmor polisi B 1305 PYQ," ujar Kurniawan Halim, salah seorang saksi yang dimintai keterangan petugas Polresta Tangerang, seperti dikutip dari Merdeka.com, Kamis (16/3/2017).

Melihat ketiga pelaku kabur menggunakan mobil, Halim bersama saksi lain yang berada di TKP langsung melakukan pengejaran. Para pelaku yang ketakutan pun membawa kendaraan dengan membabi buta. Saksi bilang, ada belasan pengendara ditabrak pelaku selama dalam pengejaran warga.

“Sampai saat melewati Gerbang Citra Raya, pelaku yang datang dari arah Bitung terpergok petugas kepolisian. Kita langsung teriak minta tolong ke petugas dan memberi tahu bahwa yang sedang dikejar adalah maling,” imbuh Halim seraya menjelaskan bahwa yang mereka temui adalah petugas Satuan Lantas Polresta Tangerang.

Petugas yang mengetahui hal tersebut langsung ikut melakukan pengejaran. Dengan mobil patroli bersirine lantang, Polisi dengan cepat mengejar laju kendaraan para pelaku.

“Petugas yang saat itu di lapangan adalah Brigadir Ade Indra, Briptu Ahmad Rizky Riyadi, dan Briptu Adi Prakoso. Mereka langsung melakukan pengejaran dengan membunyikan sirine dan menyalakan lampu rotator,” kata Kasat Lantas Polresta Tangerang Kompol Eko Bagus Royadi.

Eko menambahkan, saat petugas melakukan pengejaran, kondisi mobil pelaku sudah rusak. Kaca belakang pecah dan body mobil penyok-penyok.

Baca juga : Polisi Tembak Pelaku Begal di Kelapa Dua Tangsel

“Ketika pengejaran sampai di bundaran dua Citra Raya, pelaku belok kiri mengarah ke Kampung Dukuh. Kondisi jalan di sana sempit dan rusak. Ban kanan belakang mobil pelaku pun pecah sehingga mereka tergelincir dan menabrak pagar," imbuh Eko.

Setelah menabrak, kendaraan para pelaku terhenti. Ketiga orang pelaku pembobol ATM pun turun dari mobil sembari menodongkan senjata api (senpi).

"Ada tiga orang pelaku yang turun dari kendaraan, salah satunya membawa senpi karena mengatakan ‘saya tembak kamu kalau mendekat’. Sehingga warga tidak berani mendekat," ucap Eko.

Satu pelaku yang membawa senpi berhasil kabur. Sementara dua  orang pelaku lainnya, kata Eko, berhasil ditangkap polisi dengan bantuan warga. “Pelaku yang bawa senpi kemudian diamankan petugas Polsek Cikupa setelah diketahui berada di dalam sebuah rumah warga,” jelasnya.