Tangerang > Kesehatan

Kenali Kesuburan Anda

Jumat, 17 Maret 2017 15:10 WIB
Editor : | Reporter :

Ilustrasi Pasangan Menikah.
Ilustrasi Pasangan Menikah.
Foto : istimewa

Share this

0





0

Meski masa suburnya sepanjang waktu, kualitas kesuburan pria yang satu dengn lainnya berbeda-beda.

Info Kesehatan - Kesuburan pria berbeda dengan wanita. Masa subur pria adalah ketika sel sperma dalam kondisi terbaik dan dapat membuahi sel telur. Jika wanita memiliki siklus kesuburan bulanan, maka masa subur pria adalah di pagi hari, terutama saat musim dingin.  “Saat itu jumlah sel sperma lebih banyak. Tapi, perhatikan juga pola hidup sehat, tidur teratur, olah raga, tidak merokok dan mengonsumsi narkoba, sampai stres mempengaruhi kesuburan pria,” jelas Spesialis Andrologi RS Awal Bros Tangerang Dr. Irma Indar R, Sp.Rad. (Dicek lagi penulisan gelar. Spesialis Andrologi seharusnya Sp, And. Sp. Rad : spesialis radiologi).

Lanjutnya, analisa kesuburan pria tidak dapat dilakukan dengan kasat mata. Prosesnya, sperma yang diambil sebelumnya haruslah ‘puasa’ berhubungan intim selama tiga hari. Analisa yang baik menghasilkan parameter, meliputi volume, pH, bau, warna, jumlah spermatozoa per milimeter, hingga gerakan dan bentuknya. “Cairan yag terkumpul diamati dengan mikroskop. Sebagian besar, lebih dari 60 persen harus dalam keadaan aktif dan selalu gerak,” paparnya.

Apabila hasil analiss berada di luar parameter normal tersebut, menurutnya bisa dianggap tidak normal. Artinya, tingkat kesuburan sperma terganggu, sehingga kemungkinan untuk memiliki keturunan menjadi lebih kecil, bahkan hingga tidak bisa sama sekali. “Untuk memiliki keturunan, tergantung dari 30 persen wanita, 35 persen pria dan 30 persen dari keduanya, serta 5 persen aspek lain,” tandas Irma.

Ditambahkan olehnya, jika ingin memiliki sperma yang berkualitas, perlu kepekaan akan kesehatan. Bila perokok aktif, harus diimbangi dengan mengonsumsi anti oksidan seperti buah-buahan atau Vitamin C dan E. “Meski pria memiliki waktu subur sepanjang waktu, harus bisa memerhatikan kesehatan dengan rajin mengonsumsi buah dan vitamin,” tutupnya.