Sunter Ancol > Laporan Utama

Pura-pura Buntung, Mario Raup Rp 80 ribu Per Hari

Kamis, 04 Mei 2017 14:08 WIB
Editor : Nurul Julaikah | Sumber : DBS

Ilustrasi Mario, pengemis pura-pura buntung yang diamankan Sudin Sosial Jakarta Utara
Ilustrasi Mario, pengemis pura-pura buntung yang diamankan Sudin Sosial Jakarta Utara
Foto : istimewa

Share this




170


0

Mario, pemuda yang mengemis dengan berpura-pura buntung di bagian kaki dalam sehari meraup penghasilan Rp 80 ribu.

TANJUNGPRIOK – Kemarin, seorang pemuda diamankan Suku Dinas Sosial Jakarta Utara dikarenakan berpura-pura buntung pada bagian kaki untuk menarik simpati warga. Aksi mengemis di kawasan Danau Sunter Jakarta Utara ini dilakoni sejak tiga bulan lalu.

Menurut Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Utara Adji Antoko, pengemis berusia 21 tahun tersebut dalam jangka waktu dua jam menjalankan aksinya dengan meminta-minta berhasil mengumpulkan uang sebanyak Rp 80 ribu.

"Dalam dua jam, dia sudah bisa dapat uang delapan puluh-hingga ratusan ribu rupiah. Dia beroperasi dari jam 10 pagi sampai jam 12 siang. Dia beroperasi sudah sejak tiga bulan lalu," kata Adji kepada wartawan, Kamis (4/5/2017).

Dari hasil pengakuan Mario, hidup sendiri tanpa sanak keluarga di Ibu Kota Jakarta menjadi faktor utama Dia mengemis dengan berpura-pura buntung. Selain itu, Mario sejak kecil sudah ditinggal Orang tuanya karena bercerai.

"Fisiknya masih normal. Bisa bekerja dan mandiri sebenarnya. Usianya juga masih muda. Untuk itu kami bawa ke panti untuk diberikan pelayanan selanjutnya. Harapan kami dia tidak kembali mengemis dan punya kemauan untuk mandiri," jelasnya.

Baca juga : Pemprov Minta RW Sediakan Lahan Parkir di RPTRA Gading Harmoni

Meskipun, Pelayanan, Pengawasan dan Pengendalian Sosial (P3S) Suku Dinas Sosial Jakarta Utara kerap melakukan razia, Mario kerap lolos dari pantauan petugas. Namun, kemarin pihaknya berhasil mengamankan Mario di kawasan Danau Sunter.

Saat ini, Mario dibina di Panti Sosial yang berada di Cipayung, Jakarta Timur.

Adji mengimbau kepada warga Jakarta bila mengetahui atau menemukan PMKS di wilayahnya silakan dilaporkan ke call center 112 bebas pulsa atau medsos Dinsos Twitter @DinsosDKI1, Facebook, atau Instagram.