Sunter Ancol > Laporan Utama

PPS Sunter Jaya Masih Kekurang Anggota KPPS

Rabu, 11 Januari 2017 13:06 WIB
Editor : Dany Putra | Reporter : Mardia Ningsih

 PPS Kelurahan Sunter Jaya
PPS Kelurahan Sunter Jaya
Foto : Mardia Ningsih

Share this

0





0

Sejumlah persyaratan yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam merekrut anggota KPPS banyak yang tidak terpenuhi.

TANJUNG PRIOK – Rekruitmen KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) di Kelurahan Sunter Jaya sudah ditutup. Namun, masih banyak kuota KPPS yang belum terpenuhi. Dari 91 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berada diwilayah Sunter Jaya, baru 47 TPS yang anggota KPPS nya lengkap. Sisanya masih terkendala dengan persyaratan, tidak boleh anggota KPPS menjabat dua periode.

Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan Sunter Jaya Pratomo mengatakan, PPS Sunter jaya telah melakukan perekrutan pada 5 November 2016 hingga 17 Desember 2016. Namun, sejumlah persyaratan yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam merekrut anggota KPPS banyak yang tidak terpenuhi.

Syarat terebut antara lain, tidak boleh dua periode, berijazah SLTA, dan membuat surat keterangan sehat. “Setelah melakukan sosialisasi ke RW dan RT ternyata terdapat kendala, karena hampir semua warga sudah menjadi KPPS selama dua periode,” ujarnya.

Selain itu, ada warga yang terkendala ijazah, dan banyak warga yang bekerja di siang hari sehingga kesulitan membuat surat keterangan kesehatan dari puskesmas sekitar.

“Contohnya ada warga yang seorang pengusaha, dia terkendala karena ijizah. Ada juga kendala karena membuat surat kesehatan karena rata-rata bekerja pada siang hari. Sehingga kami bekerjasama dengan puskesmas, akhirnya ada yang mau buka hingga 24 jam,” ujarnya saat ditemui di Kelurahan Sunter Jaya, Selasa (10/1/2017).

Pratomo berharap, anggota KPPS di Kelurahan Sunter Jaya lengkap. Setelah anggota KPPS lengkap, nantinya akan diberikan bimtek (bimbingan teknis) pada tanggal 14 Januari sampai 7 Februari 2017. “Untuk Kelurahan Sunter Jaya belum tau kebagian tanggal berapa tetapi akan dilakukan selama empat hari, satu hari dilakukan bimtek untuk 23 TPS,” tutupnya.