Sunter Ancol > Laporan Utama

Ini Faktor Kebakaran di Kramat Senen Sulit Dipadamkan

Minggu, 19 Maret 2017 17:14 WIB
Editor : Nurul Julaikah | Reporter : Adi Wijaya

Petugas Damkar dalam proses pemadaman Api
Petugas Damkar dalam proses pemadaman Api
Foto : Adi Wijaya

Share this

0





0

Kobaran api yang menghanguskan pemukiman penduduk di Jalan Kramat Bundar, Jakarta Pusat hingga kini belum dapat dipadamkan.

SENEN – Api yang melahap pemukiman warga di Jalan Kramat Bundar RT 16/01, Kelurahan Kramat, Senen, Jakarta Pusat sejak pukul 15.15 WIB hingga kini belum juga padam. Sulitnya menjinakan si jago merah disebabkan minimnya sumber air dekat lokasi kejadian.

"Hanya ada dua sumber air yang dekat dari lokasi kejadian. Di antaranya, kolam renang Gelanggang Remaja Jakarta Pusat (GRJP) dan Kali Galur," ujar Ahmad Syaiful Kahfi, Perwira piket Sudin Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Bencana Jakarta pusat, saat ditemui di lokasi kejadian, Minggu (19/3/2017).

Dia menjelaskan, untuk memadamkan api, pihaknya harus bersitegang dahulu dengan pengelola kolam renang GRJP. Sekitar setengah jam. pengelola baru mengizinkan menyedot air di kolam renang miliknya.

"Api sempat kami kuasai, namun kurangnya persediaan air membuat api kembali membesar," paparnya.

Selain sulitnya sumber air, putaran angin kencang sehabis hujan juga menjadi faktor api sulit dipadamkan. Bangunan semi permanen juga diduga cepatnya merambat ke tempat lainnya.

"Saat ini masih dilakukan pemadaman. Total 31 unit Damkar dikerahkan dari berbagai wilayah," ucapnya.

Baca juga : 1300 Anggota Tagana Kerja Bakti Bersihkan Kepulauan Seribu