Serpong > Usaha

Syukurlah! Hingga Saat Ini, Harga Sembako di Kota Tangerang Stabil

Rabu, 11 Oktober 2017 14:30 WIB
Editor : Melati Amaya DS | Reporter : Ade Indra Kusuma

Ilustrasi Pasar Tradisional
Ilustrasi Pasar Tradisional
Foto : istimewa

Share this








Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Tangerang, memastikan harga sejumlah komoditi kebutuhan sehari-hari tidak mengalami kenaikan.

TANGERANG-Tiga komoditi bahan pokok yang harganya masih stabil, yaitu gula pasir kemasan sederhana, minyak goreng curah dan daging beku.

“Tidak ada perubahan harga eceran tertinggi (HET) sampai saat ini. Meski surat dari kementerian itu sampai September kemarin, namun selama belum menerima perintah lagi, harga kita pastikan tetap,” terang Kasi Perdagangan Dalam Negeri pada Disperindag Kota Tangerang, Fahmi,Rabu (11/10).

Soal harga, Fahmi menjelaskan, harga gula pasir kemasan sederhana tetap di harga Rp 12.500 per kilogram, minyak goreng Rp 11.000 per liter dan daging beku seharga Rp 80.000 per kilogramnya.

“Harga tersebut mengalami penurunan dari bulan Maret lalu. Dimana periode Januari hingga Maret, harga gula pasir Rp 14.000, minyak goreng Rp 14.000 per liter dan daging beku di kisaran harga Rp 90.000 per kilogram,” tambah Fahmi.

HET tersebut, lanjutnya, berlaku untuk pasar modern yang ada di Kota Tangerang dan di bawah pengawasan Disperindag. Diakui, besaran HET sangat berpengaruh besar terhadap masyarakat terutama masyarakat ekonomi bawah.

"Masyarakat itu sangat bergantung pada HET. Apalagi untuk minyak goreng dan gula pasir yang menjadi kebutuhan dasar. Kalau daging kan jarang-jarang dikonsumsi setiap hari,” paparnya menjelaskan.

Meski begitu, pihaknya mengakui hingga saat ini tidak ada oknum yang berani memainkan harga maupun menimbun komoditas tersebut. Pihaknya memastikan ketersediaan stok aman sampai akhir tahun. Namun untuk itu, Disperindag tetap melakukan pemantauan stok dan harga dimasing-masing pasar.