Serpong > Usaha

Penyandang Disabilitas Ikut Pelatihan Steam Motor

Jumat, 06 Oktober 2017 11:31 WIB
Editor : Melati Amaya DS | Reporter : Alfi Dinilhaq

Pelatihan steam motor bagi siswa penyandang disabilitas.
Pelatihan steam motor bagi siswa penyandang disabilitas.
Foto : Alfi Dinilhaq

Share this








Puluhan peserta disabilitas terlihat antusias mengikuti pelatihan steam motor yang diselenggarakan oleh Dinas Sosial Kota Tangsel.

SERPONG-Pelatihan berlangsung pada Kamis (5/10) dan berlangsung di tempat cuci motor dan mobil samping Rumah Makan Gabus Pucung, Rawa Buntu, Serpong. Para peserta sangat senang mengikuti arahan dari instruktur, mulai dari menyemprotkan air, hingga mengelap motor. Bahkan mereka terlihat mahir, padahal kebanyakan peserta belum pernah mengikuti pelatihan ini.

Arul (19) salah seorang peserta pelatihan dari sekolah kebutuhan khusus Assalam 01 Serpong, sangat senang mengikuti pelatihan ini.

“Ini baru pertama kali, saya merasa senang dan semangat," ujar siswa kelas tiga SMP ini.

Tidak hanya Arul, Faqih (15) pun merasakan hal yang sama. Faqih pun mengungkapkan kesenangannya sambil menerangkan menggunakan bahasa isyarat. Sementara, Guru Keterampilan Sekolah kebutuhan khusus Assalam 01 Muhamad Zulpri mengungkapkan, murid-muridnya baru pertama kali mengikuti kegiatan ini. 

“Sebelumnya ada rencana dari sekolah ingin membuka steam, kebetulan dari Dinsos memiliki program ini, makanya kita mengikuti arahan dari dinsos untuk pelatihan ini,”ungkapnya.

Salman Fariz, Kepala Dinsos Kota Tangsel menjelaskan, kegiatan ini merupakan kegiatan keterampilan ilmu untuk mencari uang, kenapa untuk mencari uang, karena dengan mengikuti pelatihan steam motor, mereka bisa membuka usaha dan mendapatkan uang dari usaha tersebut.

“Saya berharap, anak-anak ini bisa mengikuti kegiatan ini sebaik-baiknya, jika tidak mengerti mereka harus bertanya, dan harus diikuti secara serius,” jelasnya.

Salman mengungkapkan jika anak-anak ini sudah bisa, mereka bisa melaporkan ke Dinas Sosial, dan nantinya akan diberikan alat untuk steam motor.