Serpong > Usaha

MBBF Cetak Anakan Lovebird dan Murai Berkualitas

Kamis, 07 Desember 2017 17:51 WIB
Editor : Melati Amaya DS | Reporter : Ade Indra Kusuma

Makmur Budi Bird Farm (MBBF) Tangerang
Suasana di Makmur Budi Bird Farm (MBBF) Tangerang.
Foto : Ade Indra Kusuma

Share this








Makmur Budi Bird Farm (MBBF) siapkan burung jenis Lovebird dan Murai berkualitas ke para pecinta burung.

TANGERANG-Lovebird atau burung cinta merupakan burung yang masuk dalam jenis spesies Agrapornis dan  serta burung jenis Murai Batu semakin digemari kicau mania, baik dari segi suara ataupun keindahan warna nya. Hal tersebut membuat Budi Haryana tertarik menangkar burung ini.

Baik dari indukan trah ekek (suara) panjang, atau trah warna. Banyak trotolan yang moncer di kontes  burung, membuat MBBF diminati banyak kicau mania dari berbagai daerah. 

"Peminat burung jenis ini memang menyukai Lovebird dan Murai karena bagusnya warna dan suara," kata pria yang akrab disapa Budi ini. 

MBBF yang berlokasi di Jalan H Aning Kelurahan Sangiang Jaya ini memiliki puluhan pasang Lovebird dan Murai dalam satu kandang koloni. Ia menuturkan kalau dirinya membuka Birdfarm lantaran kecintaanya pada burung. Untuk membuka peternakan Lovebird dan Murai, Budi juga mengaku mengeluarkan kocek hingga jutaan.

"Saya cari burung yang terbaik. Ada yang Rp 1 juta sampai Rp 2 juta. Baru pikir bikin kandang dan buat yang urusin setiap harinya," jelasnya. 

Soal omzet dia mengaku tidak menghitung seberapa besar.  Hanya saja ia meyakini bisa meraih hingga Rp 6 juta sampai Rp 10 juta laba bersih bisa dia dapat per bulannya.

"Tergantung dari burung yang seberapa bagus yang diambil dan dibeli oleh pecinta burung yang datang. Semakin bagus semakin mahal," tambahnya. 

Untuk Menghasilkan Lovebird dan Murai terbaik, pihaknya rutin mengurus dan memberi makan setiap sehari sekali dengan makanan terbaik dan sayuran yang juga bagus.Budi bilang, menjaga kualitas suara dan warna bulu yang terpenting.

Murai Batu ( Copycus Malabaricus) adalah burung yang dikenal memiliki kemampuan berkicau yang baik dengan suara merdu, dan sangat bervariasi. Hal tersebut lah yang membuat Budi Haryana tertarik menangkar burung tersebut. Banyak trotolan yang moncer di kontes  burung membuat MBBF diminati banyak kicau mania dari berbagai daerah. MBBF yang berlokasi di jalan H. Aning no.23 Kelurahan Sangiang Jaya, kini telah memiliki 13 pasang indukan murai batu, Jum'at, (3/11

 

 

Berita Terkait