Selasa, 16 Oktober 2018 17:13:00
Editor : Oktaviani | Sumber : DBS
8 Ide Bisnis Rumahan dengan Modal Kecil
Ilustrasi.
Foto : istimewa
 

Banyak orang yang memiliki keinginan untuk memiliki bisnis sendiri, namun terhalang oleh besarnya modal yang dibutuhkan. Solusi terbaiknya adalah memulai bisnis berbasis rumahan. Anda bisa memanfaatkan tempat kosong yang ada di rumah seperti halaman, garasi, dan dapur untuk mulai menjalankan bisnis. Dengan memanfaatkan rumah, Anda bisa menghemat biaya modal yang cukup besar, sehingga modal yang ada bisa dialokasikan untuk kebutuhan lainnya. Berikut bebrapa ide bisnis rumahan dengan modal yang tidak terlalu besar.

1. Jual makanan untuk sarapan

Jika Anda memiliki keterampilan dalam memasak, maka Anda dapat memulai bisnis sampingan kecil-kecilan ini. Kita semua tahu betapa sibuknya kehidupan sebagai karyawan di pagi hari. Terlebih lagi untuk menyediakan sarapan, itu merupakan sesuatu yang mustahil. Bagi Anda yang memiliki waktu kantor fleksibel atau masuk lebih siang maka usaha sampingan menjual sarapan mungkin dapat menjadi sumber penghasilan tambahan Anda.

2. Jasa desain grafis

Tidak semua orang memiliki keahlian ini, tetapi jika Anda bekerja di bidang desain grafis atau memiliki keterampilan dalam menciptakan desain grafis maka Anda bisa menghasilkan uang lebih. Sistemnya sama dengan pekerja lepas. Anda bisa mencari klien melalui beberapa website desain di Indonesia.

3. Jasa social media influencer

Bila Anda merupakan salah satu pengguna sosial media yang aktif, maka istilah social media influencer merupakan sesuatu yang tidak asing lagi. Kini banyak social media influencer yang pekerjaan tetapnya memproduksi konten di channel sosial media mereka. Baik itu video di youtube, foto-foto di Instagram ataupun konten lainnya. Jika Anda ingin memperoleh penghasilan tambahan seperti social media influencer, Anda juga dapat melakukannya.

4. Jasa les privat

Keahlian apapun yang Anda miliki dan dapat dibagikan kepada sesama dapat menjadi sumber penghasilan juga. Baik itu keahlian bermain alat musik ataupun berbahasa asing dapat dijadikan materi untuk les privat. Jika Anda tidak memiliki tempat untuk mengadakan les privat, Anda dapat mengunjungi rumah murid dan mengajar di rumah mereka.

5. Jasa penerjemah

Apabila tidak ingin mengajar les privat untuk bahasa asing, Anda masih dapat menjadi penerjemah. Yang pasti sebelumnya, Anda harus menguasai bahasa lain dengan lancar. Dengan demikian jika ada kerjaan lepas untuk translasi, Anda dapat menagihkan sejumlah biaya dan menerima penghasilan tambahan. Terjamahan tersebut dapat untuk dokumen seperti skripsi, artikel, makalah ataupun dokumen lainnya.

6. Membuat blog

Bisnis sampingan satu ini bisa dikatakan tidak memerlukan modal sama sekali. Memulai blogging merupakan cara termurah untuk Anda mendapatkan uang saku tambahan. Satu kelemahannya hanya terletak pada waktu. Seiring jangka waktu tertentu, setelah jumlah pengunjung yang datang ke blog meningkat, Anda dapat memasang iklan di blog Anda melalui Google Adsense. Setiap pengunjung yang mengklik iklan tersebut, maka Anda dapat menerima uang. Atau jika blog Anda sangat populer, maka banyak usaha lain yang ingin terfitur di blog Anda. 

7. Bisnis Multi Level Marketing (MLM)

MLM atau Multi Level Marketing merupakan cara pemasaran berjenjang atau berantai. Jadi penjualan yang Anda buat akan memberikan kompensasi serta penjualan yang dibuat oleh rekrutan Anda. Seperti contohnya Anda mengikuti bisnis MLM untuk penjualan sebuah produk kosmetik. Ketika merekrut teman Anda atau mengajak mereka untuk menjual produk kosmetik ini, setiap penjualan yang mereka buat maka Anda akan menerima komisi. Begitu juga ketika masing-masing teman Anda merekrut anggota baru.

8. Bisnis aksesoris wanita

Kreativitas dalam membuat keterampilan tangan memang bukanlah sesuatu yang dimiliki oleh semua orang. Tetapi jika Anda memilikinya maka dapat mengubahnya menjadi salah satu ide bisnis. Anda dapat membuat aksesoris wanita yang unik dan menarik dengan kreativitas. Aksesoris tersebut dapat berupa syal, bando, bros, kalung, gelang, penghias rambut dan banyak lagi.

 

 

Baca Juga

Berikan Komentar Anda