Senin, 11 Juni 2018 14:50:00
Editor : Galih Pratama | Reporter : Alfriani Anisma Wibowo
Hai Milenial, Tahun Ini Waktu yang Tepat Beli Rumah
Ilustrasi rumah. (Ist)
Foto : istimewa
 

TANGERANG - Kaum milenial kerap dihubungkan dengan golongan masyarakat yang sulit memiliki hunian. Mengingat harga rumah tiap tahunnya selalu merangkatk naik, ditambah lagi penghasilan kaum milenial yang cenderung pas-pasan jadi kendala untuk memiliki hunian.

Alhasil, mereka lebih memilih menyewa properti untuk tempat tinggal. Namun pemikiran itu salah besar. Menyewa properti, berarti hidup kita tergantung dengan pemilik properti tersebut. Agar tidak tergantung, kaum milenial harus mendapatkan edukasi atau panduan dalam proses pembelian rumah yang benar. Terlebih, banyak pengamat yang mengatakan, tahun ini adalah waktu yang tepat bagi kaum milenial membeli rumah.

Seperti dikatakan Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Properti, Hendro Gondokusumo, bahwa tahun ini merupakan momen yang tepat untuk membeli properti. Apalagi jika melihat proyeksi pertumbuhan ekonomi di atas 5 persen, pembangunan infrastruktur yang intensif dan perbaikan peringkat kemudahan berbisnis memberikan harapan pada pasar properti untuk terus bertumbuh.

“Hal tersebut dapat dimanfaatkan oleh pengembang bisnis properti untuk semakin cermat dalam melihat peluang dan membaca permintaan pasar, khususnya generasi milenial yang biasanya menginginkan friendly, flexibility payment, dan affordable,” paparnya.

Berdasarkan data para pengembang anggota Kadin, dari realisasi penjualan sepanjang triwulan I-2018, pertumbuhan bisnis properti pada awal tahun ini masih didominasi oleh sektor hunian, baik rumah tapak maupun apartemen. Pertumbuhan sektor tersebut didukung oleh kebutuhan akan hunian yang masih tinggi, serta sejumlah kebijakan terkait sektor properti seperti suku bunga Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang rendah.

“Perlu juga adanya upaya semua pihak terkait kendala uang muka (down payment) yang saat ini dialami generasi millenial. Bank-bank pemberi kredit perumahan juga harus membuka diri agar bisa diakses oleh mereka,” katanya.

Baca Juga

Berikan Komentar Anda