Jumat, 09 Februari 2018 10:13:00
Editor : Ari Astriawan | Reporter : Ade Indra Kusuma
Lurah Babakan, Ubah Kampung Kumuh Jadi Kampung Wisata
Lurah Babakan Kota Tangerang Abu Sofyan.
Foto : Abdul Rahman
 

TANGERANG - Sebagai lurah, pria yang akrab disapa Abu ini selalu menjaga kedekatan dengan warga. Hal ini akhirnya bisa membuat warga percaya akan kepemimpinannya di Kelurahan Babakan. "Saya rutin mendengar aspirasi masyarakat dan siap menerima kritik atau saran dari warga," ujar Abu yang menjadi Lurah Babakan sejak 5 tahun lalu. 

Sebelumnya, Abu menjabat sekretaris lurah di beberapa wilayah. Di Kelurahan Babakan, sekarang pihaknya tengah fokus mengembangkan Kampung Bekelir sebagai salah satu destinasi wisata. "Selama menjabat sebagai lurah baru ini saya mendapat tanggung jawab besar untuk menjaga kelestarian Kota Tangerang lewat wisata dan kini berhasil," katanya.

Kata Abu, mengubah RW 01 Babakan dari pemukiman kumuh menjadi kampung wisata bukan hal mudah. Banyak kendala menghadang. Misalnya, banyak warga yang awalnya menolak rumahnya dicat dan dipercantik. Setelah sosialisasi intens, akhirnya para warga mengerti dan mau mengecat dan mempercantik rumahnya sendiri.

"Saya bilang Babakan pintu masuk Pasar Lama, masa iya belakangnya bagus depannya kumuh? Akhirnya para warga bisa bekerja sama untuk membangun wilayahnya menjadi lebih indah dan menghapus kampung kumuh sedang di RW 01," imbuhnya. 

Untuk menjaga Kampung Bekelir tetap baik, Abu pun selalu mengecek dan meminta masyarakat untuk melakukan pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Dengan tidak membuang sampah sembarangan, mencuci tangan dan menggunakan kamar mandi dengan baik. Selain itu juga meminta agar setiap masyarakat bisa bergabung di koperasi masyarakat untuk memajukan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Babakan.

"Masyarakat Babakan harus bisa membantu memberikan PAD bagi Kota Tangerang lewat jajanan dan makanan khas Tangerang yang dijual di Kampung Bekelir. Semoga kedepannya Babakan bisa jadi salah satu potensi wisata dan PAD lewat UKM," tutup Abu.

 

Baca Juga

Berikan Komentar Anda