Serpong > Profil

Khatira Jaydra Marvelyn, Atlet Karate dengan Prestasi Mengilap

Rabu, 09 Mei 2018 11:21 WIB
Editor : Galih Pratama | Reporter : Alfi Dinilhaq

Khatira Jaydra Marvelyn
Khatira Jaydra Marvelyn (kiri) punya segudang prestasi olahraga karate.
Foto : istimewa

Share this








Meski prestasi karate cukup mengilap, Khatira tak lupa tetap berlatih balet yang sebelumnya telah digelutinya. Baginya, balet melatih kelenturan tubuh.

BSD City - Berawal dari balet, Khatira Jaydra Marvelyn mampu mengukir prestasi mengilap di olahraga karate. Ya, awalnya siswi kelas VII SMPI Al-Azhar BSD ini memang aktif dengan kegiatan balet. Namun sejak beberapa tahun lalu, dara manis ini mencoba tantangan baru menggeluti olahraga karate.

"Awalnya saya tidak terlalu suka karate, karena sudah mengikuti kelas balet. Namun karena desakan ayah untuk terus ikut karate. Lalu saya berlatih dan ikut pertandingan karate hingga akhirnya mampu meraih banyak prestasi membanggakan. Mulai dari situ saya mulai mencintai karate," jelasnya. 

Bagi perempuan, karate tentu bukanlah yang mudah untuk digeluti. Mengingat risiko olahraga ini bisa dibilang cukup tinggi. Tak heran bila selama belatih dia pernah merasakan cedera, seperti luka memar, keseleo, keram hingga terkena tendangan lawan. "Menjadi atlet karate punya konskeuensi tinggi, maka hati -hati dalam pertandingan. Dalam menghadapi pertandingan teknik menyerang dan ketepatan insting menjadi menjadi faktor utama kemenangan," kata Tira.

Untuk menjaga kelenturan tubuhnya, dia juga tak lupa latihan balet yang sebelumnya telah digelutinya. Karena baginya, balet memiliki manfaat menjaga kelenturan tubuh. "Aku tetap ikut latihan balet seminggu sekali, karena ketika latihan balet ada manfaat untuk kelenturan tubuh," ujarnya. 

Latihan kerasnya pun terbayar dengan prestasi yang membaggakan.  Penyandang sabuk Hitam (DAN 1) dari Institut Karate Do-Indonesia (INKAI) dan Sabuk Hitam (DAN 1) International Japan Karate Association (JKA) ini mampu mengukir prestasi di dalam maupun luar negeri. Tahun lalu, dia pernah menjadi Juara 1 Kata Beregu Pemula Putri, Kejuaraan Karate INKAI se-Jakarta tahun 2017. Tak hanya itu,  dia juga pernah mendapatkan peringkat ke-6 di ajang  6 JKA World Championship, Tokyo 2014 dan JKA Asia Oceania Championship di Bangkok 2015. 

Baginya, kesuksesannya tersebut juga tak lepas dari dukungan orang tua. Dia selalu mendapatkan nasihat dan motivasi dari sang ayah dalam menggeluti olahraga karate. “Ayah saya selalu berpesan untuk menjadi diri sendiri dan rendah hati serta harus banyak bersyukur," tutupnya.