Serpong > Pendidikan

SD di Pondok Aren Tangsel Punya Polisi Kebersihan

Jumat, 17 Maret 2017 14:24 WIB
Editor : Ivan | Sumber : DBS

Sekolah Dasar Negeri (SDN) Pondok Kacang Barat 03
Sekolah Dasar Negeri (SDN) Pondok Kacang Barat 03
Foto : istimewa

Share this








Polisi ini bertugas mengawasi setiap setiap orang supaya menjaga kebiasaan membuang sampah pada tempatnya.

TANGSEL – Sekolah Dasar Negeri (SDN) Pondok Kacang Barat 03 di Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) punya Polisi Kebersihan. Ini merupakan tim khusus yang dibentuk untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah.

Tugas dari tim khusus ini beragam. Mulai dari melaksanakan piket harian, memberi sosialisasi dan peringatan tentang membuang sampah, sampai mengawasi setiap warga sekolah untuk melakukan kebiasaan membuang sampah pada tempatnya.

Selain menjaga kebersihan di lingkungan sekolah, Polisi Kebersihan juga ambil bagian dalam menumbuhkan sikap cinta pada lingkungan.

Baca Juga : Selama 2017, Ada 3 Kasus Anak Hilang di Bogor

“Tujuan utamanya untuk membiasakan para murid buang sampah pada tempatnya. Tapi, Polisi Kebersihan juga dibolehkan untuk menegur guru atau pengunjung yang datang ke sekolah jika mereka melanggar peraturan. Mulai dari aturan tentang buang sampah, sampai peraturan tentang larangan merokok” Jelas Elis Nurhayati, Pembina Polisi Kebersihan SDN Pondok Kacang Barat 03.

Polisi Kebersihan dibentuk sejak sekolah tersebut mengikuti Program Sekolah Adiwiyata. Untuk anggotanya, Polisi Kebersihan ini terdiri dari sembilan petugas. Masing-masing petugas diambil dari kelas 4, 5, dan 6 sekolah tersebut.

Berkat adanya Polisi Kebersihan, SDN Pondok Kacang Barat 03 berhasil meraih Juara 1 Adiwiyata tingkat Kota Tangsel, Adiwiyata tingkat Provinsi, hingga Adiwiyata tingkat Nasional. Dengan Polisi Kebersihannya juga, kini sekolah tersebut tengah mempersiapkan diri menuju Adiwiyata Mandiri.