Serpong > Pendidikan

Ini Alasan Unpam Tangsel Keluarkan Aturan Terkait Cadar

Jumat, 11 Agustus 2017 13:32 WIB
Editor : Ivan | Reporter : Handrian

Aturan berbusana tanpa cadar di Unpam, Tangsel
Aturan berbusana tanpa cadar di Unpam, Tangsel
Foto : Handrian

Share this








Mahasiswi Universitas Pamulang (Unpam) di Tangsel diimbau agar tidak pakai cadar. Imbauan itu sudah jadi peraturan resmi universitas.

TANGSEL - Ingin para mahasiswi dapat berbusana layak seperti pada umumnya. Inilah yang menjadi alasan pihak Universitas Pamulang (Unpam) di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengeluarkan aturan tentang imbauan tidak menggunakan busana bercadar kepada citivas akademik.

Hal tersebut dikatakan langsung Rektor Unpam Dayat Hidayat. Menurutnya, peraturan berbusana civitas akademik Unpam itu dibuat dengan model umum, yang selayaknya dilakukan dunia kampus lainnya.

"Aturan berbusana itu tidak berlebihan untuk diterapkan di kampus. Kita hanya ingin tampilan mahasiswa rambutnya rapih, sopan, maka kita buat aturan," ujarnya, Jumat (11/8/2017).

Selain itu, Dayat menganggap dunia kampus yang dikelolanya sebagai pusat perubahan yang mengedepankan kompetensi dan etik. Maka itu, harus memiliki penampilang yang bagus.

"Bukan cuma kompetensi dan etikanya saja, layak jual dan laku jual, civitas akademik juga harus berpenampilan bagus sebagai kaum intelektual," ungkapnya.

Sehingga, lanjut Dayat, aturan berbusana civitas akademik yang telah dibuat sejak bulan Mei lalu itu, memang dibuat untuk menciptakan iklim kampus yang lebih rapi, berwawasan, dan memiliki kesopanan yang sewajarnya.

"Sudah kami ajak bicara agar sama-sama tahu apa alasan dia bercadar. Kalau karena budaya, kami berikan penjelasan mendalam soal bercadar. Tapi jika karena keyakinanya dan dia pun tetap ingin bercadar, kami tidak menahan itu. Silahkan," terangnya seraya menjelaskan bahwa aturan itu tidak berbuah sanksi bagi yang melanggar.

"Kita sampaikan itu dengan pendekatan-pendekatan, kita ajak bicara. Makanya Tidak ada yang bercadar kita berhentikan. Dan yang jelas, ini tidak ada kaitannya dengan persoalan ormas HTI yang mencuat sebelumnya," paparnya.

Diberitakan sebelumnya, Universitas Pamulang (Unpam) yang berada di jalan Raya Padjajaran, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel),  memberlakukan larangan penggunaan cadar bagi civitas akademi dilingkungan kampusnya.

Peraturan baru yang tertuang dalam SK rektor nomor 338/A/U/Unpam/V/2017 itu telah tercetak pada berbagai media kampanye. Mulai dari spanduk, hingga standing banner yang tersebar di sejumlah titik di Kampus Unpam.

Baca : Setelah UIN, Kini Unpam Tangsel Larang Mahasiswi Pakai Cadar