Serpong > Laporan Utama

Ternyata Ini Penyebab Banjir di Tangsel

Senin, 17 April 2017 12:06 WIB
Editor : Ivan | Sumber : Bisnisjakarta.co.id

Salah satu titik banjir di wilayah Tangsel. (Handrian)
Salah satu titik banjir di wilayah Tangsel. (Handrian)
Foto : Handrian

Share this








Dinas pekerjaan Umum Kota Tangerang Selatan akan segera meninggikan sejumlah jembatan guna mengatasi masalah banjir.

TANGSEL – Ada empat titik yang menjadi langganan banjir di kawasan Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Keempat titik tersebut antara lain Jalan Aria Putera di Kecamatan Ciputat, dua titik di Jalan DR Setia Budi atau komplek Bukit Pamulang Indah di Kecamatan Pamulang, dan Jalan Raden Fatah di Kecamatan Pondok Aren.

Banjir umumya terjadi pasca hujan deras. Air yang berada di aliran sungai meluap dan menggenangi kawasan di sekitarnya.

Maka untuk mengatasi masalah tersebut, Pemerintah Kota Tangsel melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU) akan melakukan sejumlah proyek. Salah satunya adalah proyek peninggian empat jembatan yang ada di daerah-daerah rawan banjir tadi.

“Ratanya permukaan jalan dengan saluran air di Kota Tangsel jadi salah satu pemicu banjir. Untuk itu, solusinya jembatan harus ditinggikan,” ungkap Kepala DPU Kota Tangsel Retno Prawati, seperti dikutip dari Bisnisjakarta.co.id, Senin (17/4/2017).      

Semua jembatan melintasi jalan-jalan yang status kepemilikan serta pemeliharaanya punya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten. Meski demikian, sambung Retno, pihaknya baru sebatas mendengar informasi tentang program peninggian jembatan di Kota Tangsel.‎

“Kita harapkan dengan‎ peninggian konstruksi jembatan di empat titik lokasi dapat menanggulangi persoalan banjir. Sebab luapan air yang meluber hingga ke bahu jalan berdampak negatif luas,” tandasnya.

Baca Juga : 50 Karakter Disney Bakal Ramaikan ICE BSD

Sementara itu, penilik jalan dari Dinas‎ Bina Marga dan Tata Ruang (DBMTR) Provinsi Banten Sugiatno membenarkan bahwa saat ini sedang berlangsung lelang tender. Ia memastikan, tak lama lagi proses pekerjaan peninggian jembatan akan dimulai. “Kalau waktu persisnya kapan ya harus ditanyakan dulu ke pimpinan,” jawabnya.