Serpong > Laporan Utama

Ternyata Garam Ampuh Hilangkan Ketombe

Kamis, 15 Februari 2018 18:30 WIB
Editor : Galih Pratama | Reporter : Alfriani Anisma Wibowo

Ilustrasi rambut ketombe.
Ilustrasi rambut ketombe.
Foto : istimewa

Share this








Garam mampu melemaskan penyebab pori-pori tersumbat dan mengangkat kulit mati. Sehingga membuat kulit kepala tak lagi ada lagi kerak kotembe yang muncul.

TANGSEL - Garam yang kaya akan mineral dan baik untuk tubuh, ternyata juga bisa dijadikan sebagai perawatan kulit kepala penghilang ketombe. Bumbu dapur untuk memberi rasa asin ini mampu mengatasi berbagai penyebab ketombe, seperti tersumbatnya pori-pori dan menempelnya berbagai kotoran akibat rambut berminyak.

Penggunaan garam mampu melemaskan penyebab pori-pori tersumbat dan mengangkat kulit mati. Selain itu, garam juga bisa menyerap minyak berlebih yang dihasilkan oleh kulit kepala, sehingga tidak mudah dihinggapi kotoran di udara.

Penggunaan garam sebagai campuran sampo juga bisa mengangkat kerak-kerak kulit kepala kering yang bisa sebabkan ketombe. Selain itu, kandungan mineral dalam garam bisa melembabkan kulit kepala sehingga tidak ada lagi kulit kering yang bisa menghasilkan kerak-kerak ketombe.

Caranya mudah, Anda cukup mencampurkan garam pada sampo yang biasa digunakan. Tuangkan larutan garam dan sampo ke kepala dan pijat perlahan agar garam bisa dengan mudah menghilangkan kulit-kulit mati atau kerak penyebab ketombe. Setelah itu, bilas dengan air dan keramaslah hanya menggunakan sampo. Bilas dengan bersih hingga tidak ada garam yang tersisa di kulit kepala.

Untuk hasil maksimal, lakukan keramas menggunakan garam 2-3 kali dalam seminggu. Garam yang dicampur dengan sampo mampu membantu mengelupaskan kerak akibat kulit kepala yang kering dan menyeimbangkan produksi minyak.

Jika kulit kepala Anda cenderung kering lebih baik aplikasikan garam dengan minyak zaitun atau minyak kelapa kemudian gunakan untuk memijat kepala. Caranya cukup campurkan dua sendok makan garam dengan seperempat minyak zaitun hangat. Tambahkan satu sendok makan perasan air lemon lalu aduk hingga semuanya larut. Pijat kulit kepala selama 3-5 menit. Lalu diamkan sekitar 15-20 menit agar menyerap sempurna kemudian bilas dengan keramas menggunakan sampo.

Perlu diingat, perawatan kulit kepala menggunakan garam harus dilakukan dengan benar dan bilas ramuan garam dengan bersih. Karena, jika tertinggal pada kepala bisa sebabkan kerontokan rambut.

Selamat mencoba!