Serpong > Laporan Utama

Sistem Antisipasi Kebakaran Gedung Puspem Tangsel Belum Teruji

Kamis, 16 Maret 2017 16:51 WIB
Editor : Ivan | Reporter : Handrian

Balai Kota Tangsel.
Balai Kota Tangsel.
Foto : istimewa

Share this





Gedung memang sudah dilengkapi Alat Pemadam Api Ringan (Apar), springkle, smoke detector, dan hydrant. Tapi, semuanya belum teruji.

TANGSEL- Dalam waktu dekat, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) bakal melakukan pengecekan sistem keamanan kebakaran. Pengecekan ini akan dilakukan pada setiap gedung bertingkat di wilayah Tangsel. Pusat Pemerintahan (Puspem) Tangsel di Serua, Ciputat juga tak luput dari pengecekan.

Kepala Dinas Damkar Tangsel Uci Sanusi mengungkapkan, pengecekan sistem keamanan kebakaran di Puspem Tangsel ini penting. Terlebih, gedung tersebut belum punya rekomendasi antisipasi kebakaran.

"Kantor Balaikota Tangsel menerapkan kelengkapan antisipasi kebakaran. Hal tersebut terlihat dari adanya APAR (Alat Pemadam Api Ringan), springkle, smoke detector, dan hydrant di dalam serta di luar gedung. Tapi, semua itu belum diuji,” kata Uci kepada Infonitas.com, Kamis (16/3/2017).

Baca juga : Ahok Meninggal di Lapas Paledang

Selain alat pemadam api, gedung juga harus memiliki sistem manajemen kebakaran yang aktif, memadai, serta memiliki akses keluar untuk evakuasi dan akses masuk bagi petugas pemadam kebakaran. “Makanya kita akan uji itu semua,” lanjutnya.

Selain melakukan pengecekan awal, nantinya Damkar juga akan melakukan pemeriksaan berkala terhadap fasilitas dan sistem keamanan kebakaran di gedung Puspem Tangsel. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan tidak adanya kerusakan dan sistem.

"Jika memang dalam pengecekan berfungsi semua, berarti kantor atau gedung itu layak pakai," imbuh Uci.