Serpong > Laporan Utama

Setelah UIN, Kini Unpam Tangsel Larang Mahasiswi Pakai Cadar

Jumat, 11 Agustus 2017 11:27 WIB
Editor : Ivan | Reporter : Handrian

Mahasiswa melihat standing banner berisi pengumuman berbusana di kampus.
Mahasiswa melihat standing banner berisi pengumuman berbusana di kampus Unpam.
Foto : Handrian

Share this








Universitas Pamulang (Unpam) di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melarang mahasiswinya pakai cadar. Hal ini sebelumnya diterapkan UIN.

TANGSEL - Universitas Pamulang (Unpam) yang berada di jalan Raya Padjajaran, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel),  memberlakukan larangan penggunaan cadar bagi civitas akademi dilingkungan kampusnya.

Peraturan baru yang tertuang dalam SK rektor nomor 338/A/U/Unpam/V/2017 itu telah tercetak pada berbagai media kampanye. Mulai dari spanduk, hingga standing banner yang tersebar di sejumlah titik di Kampus Unpam.

"Aturan berbusana itu belum lama beredar. Karena spanduk dan banner itu tadinya belum pernah saya lihat," ujar Desi (21), salah satu mahasiswi Unpam semester 3 Jurusan Akuntansi, saat ditemui Infonitas.com di area kampus, Jumat (11/8/2017).

Menurut Desi, keberadaan wanita bercadar di kampusnya tidak terlalu banyak. Malah, ia mengaku kalai wanita bercadar di kampusnya cenderung berperilaku lebih sopan dan ramah dibanding mahasiswi lainnya.

"Memang ada, tapi tidak terlalu banyak. Biasanya dia jalan sendiri-sendiri, atau suka bergerombol juga. Tapi mereka yang bercadar biasanya lebih sopan dan alus-alus," ungkapnya.

Kendati telah ditetapkan sebagai peraturan, para mahasiswa Unpam tidak tahu apakah aturan tersebut diterapkan karena banyak kampus di Tangsel yang menerapkan hal serupa, atau karena imbas dari penerapan Perpu Ormas yang melarang aktifitas HTI.

"Iya saya dengar, sebelumnya kampus UIN (Universitas Islam Negeri) Ciputat sudah menerapkan peaturan itu. Tapi kalau ada kaitanmya dengan HTI, saya kurang paham juga," kata Riko, mahasiswa Unpam lainnya.