Serpong > Laporan Utama

Pemilu 2019 Ditargetkan Partisipasi Pemilih 77,5 %

Jumat, 13 Oktober 2017 14:38 WIB
Editor : Melati Amaya DS | Reporter : Alfi Dinilhaq

Ilustrasi pemilu
Ilustrasi
Foto : istimewa

Share this








KPU RI dan Pemerintah targetkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2017 capai 77,5%.

TANGERANG-Pemilihan Umum (Pemilu) merupakan hak masyarakat, sehingga ada yang mengambil hak tersebut dan tidak. Oleh karena itu dalam setiap helatan Pemilu Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menetapkan target partisipasi masyarakat dalam pemungutan suara. 

Target Pemilu sudah tertuang dalam RPJMN sekitar 77,5 Persen. Angka ini pun sudah di tetapkan KPU RI bersama Pemerintah untuk Pemilu 2019. 

“Pencapaian target 77,5 persen ini perlu dukungan dari para stakeholder di berbagai daerah. Tidak hanya Pemerintah Daerah saja yang diajak  untuk sosialisasi, akan tetapi juga pihak swasta, wilayah pemukiman, dan perumahan diikutsertakan dalam mensosialisasikan Pemilu ini,” jelas Ferry Kurnia Rizkyansyah, Komisioner KPU RI 2012 - 2017.

Ditambahkan Ferry bahwa sejak Pemilu langsung di era reformasi pelaksanannya kian membaik seiring berjalannya waktu. Hasilnya pun tidak mudah untuk ditebak.

“Selain pelaksanaan yang kian membaik, perlu dicermati bahwa hasil Pemilu juga sulit untuk diprediksi siapa yang akan menang. Selain itu berbagai konflik yang terjadi dalam Pemilu maupun Pilkada di berbagai daerah secara umum juga masih dapat diatasi dengan baik,” ungkap Ferry.

Jelang Pemilu 2019 nanti, KPU RI juga sudah melakukan beberapa kali ujicoba diantaranya di Tangerang dan juga Sentul Bogor.Di TPS nanti ada lima kotak, proses penghitungan suara  juga memakan waktu yang cukup lama. Hal ini harus mendapat perhatian lebih dari para penyelenggara Pemilu.