Serpong > Laporan Utama

Legitnya Ketan Susu Kemayoran di Wisata Slera Nusantara

Jumat, 13 Oktober 2017 18:12 WIB
Editor : Ichwan Hasanudin | Reporter : Alfriani Anisma Wibowo

Ketan Susu Kemayoran
Ketan Susu Kemayoran di Wisata Slera Nusantara.
Foto : Alfriani Anisma Wibowo

Share this








Ketan Susu Kemayoran dapat dikatakan sebagai salah satu makanan legendaris di Jakarta yang kini hadir di Wisata Slera Nusantara, Supermal Karawaci.

TANGERANG - Siapa yang tak kenal Ketan Susu Kemayoran atau yang biasa disebut Tansuke? Makanan ini tengah populer di tengah masyarakat dan kini hadir di Wisata Slera Nusantara, Supermal Karawaci yang diselenggarakan dari tanggal 3-15 Oktober.

Makanan yang memadukan antara pulennya ketan kukus dan legitnya susu kental manis ini sudah ada sejak tahun 1958. Tekstur ketan ini tidak terlalu lembek, juga tidak terlalu pera dan keras. 

Wiki, karyawan Tansuke menjelaskan proses dari beras ketan menjadi ketan memakan waktu sekitar 40-60 menit. Beras ketan yang dikukus tanak membuat buliran ketan terasa pulen sekali. 

Jenis yang dipakai adalah beras ketan murni, tanpa dicampur dengan bahan lain, seperti beras putih. “Cara memasaknya memang tidak sembarangan. Perbandingan air dan ketan harus pas,” katanya saat ditemui di Wisata Slera Nusantara, Jumat (13/10/2017).

Di Wisata Slera Nusantara, Tansuke hadir dengan lima varian rasa. Antara lain original ketan kelapa, ketan mangga laka-laka, ketan durian, ketan durian komplit, dan ketan srundeng. “Setiap hari selalu memenuhi target. Untuk jumlah porsinya kurang tahu,” ujarnya.

Seporsi original ketan susu seharga Rp 20 ribu, ketan mangga laka-laka Rp 25 ribu dan ketan durian/ komplit hanya Rp 30 ribu.

Untuk bisa mendapatkan dan mencicipi ketan susu tersebut, pengunjung harus menukarkan uang tunai dengan voucher sebagai alat pembayaran di konter kasir.