Rabu, 14 Februari 2018 15:00:00
Editor : Galih Pratama | Reporter : Ade Indra Kusuma
Pilkada Kota Tangerang 2018
Ilustrasi.
Foto : istimewa
 

TANGERANG - Ketua KPU Kota Tangerang Sanusi melarang semua pihak mengampanyekan kotak kosong. Pasalnya kotak kosong hanyalah pilihan lain di luar pasangan calon, bukan kontestan pilkada.

“Jadi kalau kampanye itukan isinya ajakan. Nah, kalau kemudian ada yang mengajak untuk mengampanyekan kotak kosong otomatis akan menjelekkan pasangan calon untuk memilih kotak kosong, maka itu ranahnya pidana. Yang boleh adalah menginformasikan bahwa ada pilihan lain selain pasangan calon,” ucap Sanusi di Days Hotel and Suite, Tangerang, Rabu (14/2/2018).

Menurutnya dalam setiap sosialisasi, pihaknya pun selalu menginformasikan adanya pasangan calon dan pilihan di luar pasangan calon. “Tapi kalau jatuhnya mengampanyekan, itu tidak ada regulasi yang mengaturnya,” kata dia.

Selain itu, menurut Sanusi, yang berhak melakukan kampanye pengusung pasangan calon, dalam hal ini adalah partai politik, yang punya jurkam dan melapor ke KPU. “Apakah yang mengampanyekan kotak kosong itu pengurus parpol? kan tidak,” ucapnya.

Lanjutnya, ia mengungkapkan KPU akan melaksanakan kampanye damai pada 18 Februari mendatang. "Tanggal 18 tersebut, kampanye damai serentak dilakukan secara nasional,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Panwaslu Kota Tangerang Agus Muslim juga mengingatkan agar tidak ada pihak yang melakukan kampanye dengan mendiskreditkan salah satu pihak. Sebab bisa saja pihak tersebut dikenai ujaran kebencian.

“Kotak kosong memang diatur dalam pilkada, tapi bukan berarti para pendukungnya bisa melakukan kampanye hitam, menghujat terhadap pihak lainnya. Demikian pula para pendukung pasangan calon juga jangan sampai menjelek-jelekkan pihak lain,” ucapnya. Untuk itu ucapnya, pihaknya akan berdiri tegak menindaklanjuti apabila ada yang melakukannya.

“Kita akan lihat pretensinya apa? Untuk itu kita akan awasi materi kampanye yang disampaikan,” ucapnya.

Diketahui KPU Kota Tangerang sudah menetapkan satu pasangan calon untuk pilkada Kota Tangerang yakni Arief R Wismansyah-Sachrudin. Penetapan pasangan calon yang diusung 10 parpol dan didukung dua parpol ini sekaligus mengukuhkan bahwa pilkada periode ini hanya diikuti calon tunggal.

Baca Juga

Berikan Komentar Anda