Serpong > Laporan Utama

Tangerang Atasi Banjir

Kelurahan Sudimara Pinang Fokus Perbanyak Biopori

Minggu, 12 November 2017 14:30 WIB
Editor : Galih Pratama | Reporter : Ade Indra Kusuma

Petugas kelurahan sudimara pinang.
Petugas Kelurahan Sudimara Pinang, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang saat membuat biopori.
Foto : Ade Indra Kusuma

Share this








Sudah ada dua RW di Kelurahan Pinang yang warganya fokus perbanyak wilayah biopori di lingkungan tempat tinggal mereka.

PINANG - Petugas Kelurahan Sudimara Pinang, Kecamatan Pinang fokus untuk membuat lubang resapan biopori dengan menggunakan ember wadah bekas cat. Lubang biopori tersebut dibuat di halaman rumah dan pinggir jalan.

Pembuatan lubang biopori tersebut untuk mengantisipasi banjir dan genangan air, karena sudah memasuki musim penghujan. Biopori adalah lubang silindris yang dibuat secara vertikal ke dalam tanah sebagai metode resapan air yang ditujukan sebagai upaya untuk mengatasi genangan air dengan cara meningkatkan daya resap air pada tanah.

Kasie Ekbang Kelurahan Sudimara Pinang Sapinah menjelaskan, pembuatan biopori ini baru dilakukan di dua RW, yaitu RW 01 dan 02 dengan dua sumur resapan dan tiga biopori.

“Saat ini lokasi pemasangan biopori baru di wilayah RW 01 dan 02 dengan kedalaman masing-masing 1 meter setengah. Karena dua wilayah ini yang kalau hujan masih banyak genangan airnya. Nanti kedepannya diharapkan bisa mencakup semua wilayah yang ada di Sudimara Pinang,” kata Sapinah, Minggu (12/11 /2017).

Ke depannya pihaknya berharap bisa memenuhi semua keinginan masyarakat untuk menggunakan biopori di setiap rumah.

Di tempat terpisag,  Wali Kota Tangerang Arief R Wismanysah berharap agar setiap rumah di wilayah Tangerang bisa bebas banjir. Bahkan ia meminta semua lapisan masyarakat dan semua pihak bisa ikut membantu menyelesaikan masalah tersebut.

"Banjir adalah masalah kita semua dan harus kita juga yang selesaikan," tukasnya.