Sabtu, 11 November 2017 16:02:00
Editor : Galih Pratama | Reporter : Ade Indra Kusuma
Ini Skenario Skala Besar Atasi Banjir di Kota Tangerang
Ilustrasi banjir di Kota Tangerang. (Foto: tangerang.pks.id)
Foto : istimewa
 

Keyword : Serpong, Banjir di Tangerang, Atasi Banjir di Tangerang, Banjir Tangerang

TANGERANG - Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Tangerang Dadi Budaeri mengakui banjir yang sering melanda Kota Tangerang belum bisa diatasi. Untuk itu, pihakya berencana membuat Dokumen Rencana Induk Pengendalian Banjir dan Sistem Drainase Perkotaan, dalam usaha meminimalisir banjir.

“Banjir harus ditangani dengan tepat, hal ini agar tidak berlarut-larut terutama bagi masyarakat di kota kita tercinta ini,” katanya.

Dikatakan Sekda, berbagai cara yang dilakukan Pemerindah Kota (Pemkot) Tangerang, seperti normalisasi dan pengerukan Sungai Cisadane, Kali Angke, Sabi dan Cirarab serta sosialisasi penanganan dengan cara lain, masih belum cukup mengentaskan persoalan banjir.

Penanganan banjir di Kota Tangerang, menurut Sekda, mesti dilakukan dengan skenario berskala besar dan untuk jangka panjang.

"Pemerintah telah melakukan upaya pencegahan. Namun, sejumlah titik tetap tergenang air setiap kali hujan turun maupun karena curah hujan yang tinggi di daerah hulu (Bogor)," ujarnya, Sabtu (11/1/2017).

Untuk itu, lanjut Sekda, penanganan dan antisipasi harus dilakukan sejak dini dan melibatkan semua pihak.  Terutama untuk menjaga kebersihan dan kelestarian kondisi lingkungan hidup.

Ditambahkannya lagi, permasalahan terkait dengan sumber daya air di Kota Tangerang dipengaruhi oleh beberapa kondisi, antara lain seperti laju pertumbuhan urbanisasi terhadap perubahan tata guna lahan, berkurangnya daerah resapan air serta sampah pada drainase dan sungai.

"Untuk itu diperlukan penanganan yang komprehensif yang bisa menjadi guidance pengendalian banjir di Kota Tangerang," terangnya.

Baca Juga

Berikan Komentar Anda