Serpong > Laporan Utama

Ini Kisah Sukses “Raja Properti” Ciputra

Jumat, 20 April 2018 18:15 WIB
Editor : Galih Pratama | Reporter : Alfi Dinilhaq

Ciputra saat diundang UPJ Bintaro menceritakan buku biografinya berjudul
Ciputra saat diundang UPJ Bintaro menceritakan buku biografinya berjudul "Ciputra The Entrepreneur The Passion of My Life”.
Foto : istimewa

Share this








Kisah sukses Ciputra kini tertuang di buku berjudul

TANGSEL - Ciputra dikenal sebagai pengusaha properti  yang berhasil membangun beberapa perumahan mewah. Sebut saja Pondok Indah, Bintaro, BSD, Ancol dan Pasar Senin merupakan hasil karya Ciputra, bahkan kini ia juga sedang mengembangkan properti terbaru di Maja dan di Surabaya. 

Meski kini berusia 86 tahun, akan tetapi gaya komunikasi Ciputra masih fasih, jelas, lantang, dan mudah dicerna. Tahun 2018 Ciputra menuliskan buku yang di susun oleh Alberthiene Endah dengan judul "Ciputra The Entrepreneur The Passion of My Life”.

Buku setebal 483 halaman ini menceritakan Ciputra kecil yang terlahir dari keluarga susah. Ciputra mengatakan bahwa dalam menyusun biografi selama dua tahun ini mengingat masa lalu adalah hal yang sulit. 

"Ada kesulitan bagi saya ketika harus mengingat masa lalu saat saya usia enam tahun, saat itu adalah masa-masa yang cukup sulit bagi saya. Saya adalah orang yang tidak suka memikirkan masa lalu tapi lebih suka memikirkan masa depan,” jelas Ciputra di Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) beberapa waktu lalu. 

Satu alasan bagi Ciputra sehingga ia mau menuliskan buku perjalanan hidup agar dapat dibaca orang banyak, diikuti jejaknya memberantas kebodohan, kemiskinan, kesukaran, dan membangun peradaban pada dunia usaha. 

“Di Indonesia harus ada entrepreneur tidak ada kata lain dan saya yakin 20 tahun ke depan Indonesia akan jadi 10 terbesar di dunia dan dalam 40 tahun menjadi 4 besar dunia apabila entrepreneur diterapkan," ungkapnya. 

Lebih lanjut Ciputra mengaku senang bahwa pada usia yang cukup senja masih bisa berbagi cerita, bertatap muka dengan mahasiswa yang penuh optimis menapaki jalan masa depan. Ia mengaku memilih 

"Bisnis properti adalah hal tepat yang saya pilih, andai saja waktu itu saya memilih usaha yang lain mungkin belum tentu akan berhasil seperti saat ini. Sejak kecil saya memang ingin bercita-cita ingin menjadi insinyur tapi setelah besar saya malah tertarik ke properti,” pungkasnya.