Serpong > Laporan Utama

Gapai Cita Anak Pesisir Indonesia Lewat Kelas Inspirasi Tangerang 2

Senin, 11 September 2017 17:17 WIB
Editor : Waritsa Asri | Reporter : Waritsa Asri

Kelas Inspirasi Tangerang 2 - Waritsa Asri
Kelas Inspirasi Tangerang 2 - Waritsa Asri
Foto : istimewa

Share this








Kelas Inspirasi Tangerang telah dilaksanakan pada Sabtu (9/9/2017) lalu. Tema yang diangkat yaitu Menggapai Cita Anak Pesisir Indonesia

TANGERANG – Sekitar 10 sekolah dari lima kecamatan yang berada di pesisir Kabupaten Tangerang, ikut serta dalam kegiatan Kelas Inspirasi Tangerang 2, yang berlangsung pada Sabtu (9/9/2017) lalu. Lima kecamatan yang ikut serta yaitu Mauk, Sukadiri, Kosambi, Teluk Naga, dan Pakuhaji.

Kelas Inspirasi Tangerang ini kali kedua diadakan dengan melibatkan 176 relawan yang terdiri dari panitia kegiatan dan kalangan profesional dibagi menjadi inspirator juga dokumentator. Berbeda dari tahun sebelumnya, Menurut salah seorang relawan pendamping, Alma Surya, kegiatan kali ini sengaja dilaksanakan di pesisir Kabupaten Tangerang.

“Kami melakukan kegiatan di pesisir, karena melihat anak-anak daerah pesisir kurang memiliki wawasan cita-cita yang luas berbeda dengan kota besar. Bahkan, dorongan dari keluarga pun kurang sehingga mereka hanya mengetahui sedikit profesi yang mungkin sering didengar oleh mereka dan dijadikan acuan cita-citanya seperti dokter ataupun polisi,” terang Alma kepada Infonitas.

Padahal, menurutnya, ada banyak profesi yang perlu diketahui oleh anak-anak dan mungkin bisa menjadi salah satu impian. Untuk pengenalan profesi, pihak Kelas Inspirasi Tangerang 2 melakukan tahap penyeleksian sehingga menghasilkan orang-orang profesional terpilih yang mampu mengedukasi anak tentang pekerjaan yang mereka jalani.

“Di kelas Inspirasi inilah kami mendatang orang2 hebat dari setiap profesi untuk mengedukasi anak-anak tentang profesi yang mereka jalani dengan harapan anak-anak memiliki wawasan yang lebih luas tentang cita-cita yang mereka impikan, dan mereka punya semangat baru lagi untuk terus belajar demi mencapai cita-citanya,” ungkapnya.

Adapun tema yang diangkat dalam Kelas Inspirasi Tangerang 2, yaitu Menggapai Cita Anak Pesisir Indonesia, agar sesuai dengan target dari kegiatan tersebut.

Pengenalan yang Tak Mudah

Tawa serta canda murid kelas satu hingga enam Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kramat III Tangerang, menjadi hal yang tidak bisa dilupakan oleh salah seorang inspirator sekaligus ketua kelompok, Hargianti. Wanita kelahiran Jakarta ini mengungkapkan kegembiraannya mengikuti Kelas Inspirasi Tangerang 2.

“Luar biasa, anak-anaknya antusias, bisa ikut Kelas Inspirasi, bisa memberikan inspirasi atau pandangan kepada anak-anak bahwa ada cita-cita selain dokter, guru, polisi dan pilot yang awam diketahui,” ucap Hargi panggilan akrabnya.

Ada pun kesulitan yang Hargi tempuh yaitu saat mengenalkan profesinya kepada para murid SDN Kramat III,” Kan profesiku sebagai akunting dan pajak. Supaya mudah, khusus Kelas Inspirasi aku  buat menjadi bagian keuangan agar anak-anak lebih paham dan tahu,” terangnya.

Bahkan, Ia mengaku berpikir keras untuk bisa mengenalkan profesinya lewat simulasi agar menarik minat para murid, yaitu kegiatan jual beli antara atasan, bawahan, dan bagian keuangan.

Tak sampai di situ, Hargi pun rela untuk menginap di dekat lokasi bersama lima inspirator lainnya,” Kalau jaraknya dari tempat tinggal saya berkisar 1 jam perjalanan dengan lewat jalan tol dan kondisi tidak macet. Kalau kondisi macet bisa sampai 1,5 sampai 2 jam perjalanan,” ungkapnya.

Ia pun memetik pelajaran yang berharga saat mengambil bagian dari Kelas Inspirasi Tangerang ini, yaitu belajar mengenal karakter anak di kelas,”Bahkan, saya berpikir menjadi guru itu tidak mudah karena harus terus menambah ilmu agar bisa kreatif,” ucap Hargi.

“Tapi, Intinya aku senang ikut Kelas Inspirasi, bisa berkenalan dengan orang-orang hebat dengan profesi yang beda-beda, tapi  memiliki tujuan yang sama, yaitu menghidupkan mimpi dan cita-cita anak bangsa,” tutupnya.