Jumat, 23 Februari 2018 15:51:00
Editor : Ichwan Hasanudin | Reporter : Alfi Dinilhaq
DPMP3AKB Kota Tangsel Gelar Pelatihan Mutu Pangan Lokal
Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPMP3AKB) Kota Tangerang Selatan memberi pelatihan mutu pangan lokal kepada warga dari seluruh kelurahan di Kecamatan Ciputat.
Foto : istimewa
 

TANGERANG SELATAN - Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPMP3AKB) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menggelar kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Peningkatan Kesetaraan Gender di Ciputat, Kota Tangsel.

Salah satu rangkaiannya adalah melakukan pelatihan edukasi mengenai mutu pangan lokal. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari mulai dari 20-22 Februari 2018.

“Kita melatih perempuan-perempuan, ibu rumah tangga, dan remaja putri yang berada di binaan P2WKSS. Tahun ini ada di Kecamatan Ciputat dengan prioritas Kelurahan Ciputat dan Kelurahan Cipayung,” jelas Kasi Kualitas Hidup Perempuan, Mercy Apriyanti.

Sebanyak 45 peserta hadir mewakili dari seluruh kelurahan di Kecamatan Ciputat untuk latihan edukasi pangan lokal.

Adapun maksud dari kegaitan tersebut adalah untuk mengenalkan berbagai bahan makanan selain terigu yang juga bisa digunakan untuk pembuatan pangan.

“Jika di kabupaten Pandeglang dan Lebak bisa menanam dan menghasilkan pangan lokal karena memiliki lahan luas, di Kota Tangsel kita bisa mengembangkan hasil pangan lokal ini untuk dibuat jadi berbagai makanan,” ungkap Mercy.

Makanan tersebut bisa berbentuk kue, baik kue basah maupun kering. Bisa juga menjadi makanan inti sebagai pengganti terigu.

“Nantinya setelah kegiatan ini, kita akan bina untuk pengembangan selanjutnya. Misalnya bagaimana caranya mendapatkan kode halal MUI, ijin BPOM, PIRT dan lain sebagainya,” ujarnya.

DPMP3AKB Tangsel akan terus berkoordinasi setelah kegiatan pelatihan ini. Jika peserta mampu dan mau mengembangkan hasil produk mereka untuk memproduksi, maka pihak DPMP3AKB terus mendampingi sampai peserta dapat meningkatkan pendapatan mereka.

 

Baca Juga

Berikan Komentar Anda