Serpong > Laporan Utama

Curi Uang dengan Lidi Mulai Marak di Tangsel

Rabu, 12 Juli 2017 20:28 WIB
Editor : Nurul Julaikah | Reporter : Handrian

Ilustrasi pencurian di ATM
Ilustrasi pencurian di ATM
Foto : istimewa

Share this








Tindak pencurian uang melalui mesin ATM dengan menggunakan alat bantu lidi mulai marak di Tangerang Selatan (Tangsel).

TANGSEL - Jajaran Polsek Pondok Aren membekuk dua pelaku spesialis pencurian uang pada mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di Jalan Maleo Raya Pondok Pucung Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) pada Rabu (12/7/2017). Polisi langsung menangkap kedua pelaku saat hendak melancarkan aksi mereka.

Kapolsek Pondok Aren Kompol Indra Ranudikarta menyebutkan, aksi pencurian yang dilakukan oleh Dedi Hendri (47) dan Darmin Wibowo (42) dengan cara memasukan kartu ATM yang telah dimodifikasi.

"Jadi teknik awal mereka, memasukan kartu ATM yang telah diberikan lidi berbalut sedotan plastik dan dikaitkan tali agar kartu ATM tidak tertelan," ujarnya, Selasa (12/7/2017).

Setelah lidi berhasil menyangkut di dalam mesin ATM, kata Indra, kemudian pelaku pertama meninggalkan mesin ATM sejauh 300 meter. Dan dilanjutkan oleh pelaku kedua yang sengaja berdiri dibelakang calon korban, untuk mengintip PIN kartu ATM calon korbannya.

"Dan pada saat kartu ATM korban tersangkut karena sebelumnya telah disiapkan oleh pelaku pertama. Lalu pelaku itu memberi saran kepada calon korbannya agar segera melaporkan pihak bank yang bersangkutan," ungkapnya.

Selanjutnya, setelah menghafal PIN kartu ATM korbannya, pelaku sempat meninggalkan lokasi dan akhirnya kembali mengambil kartu ATM korban yang masih tersangkut, dengan cara mencongkel menggunakan gergaji besi.

"Setelah pelaku 1 berhasil mengambil kartu ATM, korban itu kembali ke mesin ATM dan mengetahui percobaan aksi pencurian tersebut. "Pelaku belum sempat menarik uang milik korban, karena telah terpergrok dan diamankan," terangnya.

Aksi pencurian dengan pemberatan tersebut, diakui pelaku telah dilancarkankannya sebanyak tiga kali di daerah SPBU wilayah Alam Indah Cipondoh, dan dua kali dilakukan terakhir di kawasan Bintaro Pondok Aren, Tangsel.

"Barang bukti diamankan, selembar kartu ATM BRI yang telah dimodifikasi diberikan tali, lidi kecil yang juga telah dimodifikasi yang dibalut sedotan plastik, satu gergaji besi dan tiga lembar kartu ATM yang sebelumnya telah berhasil diambil oleh pelaku," paparnya.