Serpong > Laporan Utama

Begini Kronologi Penangkapan Terduga Teroris di Kunciran

Kamis, 17 Mei 2018 10:31 WIB
Editor : Galih Pratama | Reporter : Alfriani Anisma Wibowo

Lokasi penggerebekan terduga teroris di Kunciran, Tangerang.
Lokasi penggerebekan terduga teroris di Kunciran, Tangerang.
Foto : Abdul Rahman

Share this








Terduga teroris berinisial MC ditangkap saat hendak membuang sampah. Ia ditangkap bersama istrinya di rumah yang berlokasi di Kunciran, Kota Tangerang.

TANGERANG - Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti-Teror Mabes Polri melakukan penangkapan terhadap dua terduga teroris di Jalan Gempol RT 02/04 Kelurahan Kunciran, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang.

Berdasarkan keterangan dari warga sekitar Raka, ada dua tersangka yang ditangkap bernama Muhammad Choir (MC) dan istrinya. Tersangka MC ditangkap saat hendak membuang sampah. “Saya intip dari rumah, istrinya tidak boleh gerak, disuruh duduk saja. Ditangkap saat lagi buang sampah,” katanya, Rabu (16/5/2018).

Dia juga sempat mendengar ada suara tembakan dalam penggerebekan itu. Tapi dia tidak tahu tembakan itu diarahkan ke mana. Malah ia mengira awalnya ada perampokan. “Saya pikir perampok tapi polisi bilang tenang saja,” jelasnya.

Sementara Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Harry Kurniawan mengatakan bahwa sebelumnya polisi telah melakukan pemantauan Intelijen selama 4 bulan terhadap kelompok Kholid cs ini sebelum penggerebekan.

Para terduga teroris ini diduga terlibat dalam melakukan Idad dan pelatihan semi militer di Sukabumi dalam rangka perencanaan amaliyah jaringan JAD Jabodetabek.

Mereka juga diduga merencanakan Amaliah di sejumlah mako/pos polisi di wilayah Bogor, Bandung, Jakarta dan Mako Brimob Kelapa Dua Depok dengan sistem HIT and Run menggunakan senjata, panah yang busurnya dilengkapi bom di ujungnya dan Pisau Komando.

Adapun, barang bukti yang ditemukan dari dua terduga teroris, yaitu 1 unit motor Honda Spacy berwarna putih Nopol B-6967-VEP, 1 Buku Diary dan 1 handphone merek Oppo.