Rabu, 26 September 2018 17:42:00
Editor : Fauzi | Reporter : Alfi Dinilhaq
BATAN Edukasi Teknologi Nuklir untuk Masyarakat
Edukasi teknologi nuklir oleh BATAN.
Foto : istimewa
 

SERPONG – Sebanyak dua ratus orang perwakilan dari 17 kelurahan di Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Kabupaten Tangerang dan Kabupaten Bogor mengikuti sarasehan tentang teknologi dan pemanfaatan nuklir yang diadakan oleh Badan Tenaga Nuklin Nasional (BATAN) di Kawasan Puspiptek, Setu, Tangsel, Selasa (25/09). 

Kepala Pusat Kajian Sistem Energi Nuklir BATAN Suparman mengatakan, sebagai lembaga pemerintah yang mempunyai tugas melakukan penelitian, pengembangan, dan pemanfaatan teknologi nuklir. BATAN) terus berupaya mendekatkan dirinya kepada masyarakat, agar pemahaman masyarakat tentang teknologi nuklir tidak hanya dipandang sebagai hal yang negatif.

“Namun juga memahami bahwa teknologi nuklir mampu dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat.  Pada usia 60 Tahun ini, BATAN melalui Litbang-nya telah menghasilkan produk di berbagai bidang yakni pertanian, industri, kesehatan, dan lingkungan," terang Suparman.

Sementara itu, Kepala Pusat Pendayagunaan Informatika dan Kawasan Strategis Nuklir BATAN Yusi Eko Yulianto menambahkan, ia bertugas untuk memberikan pelayanan dan keamanan dengan memberikan sosialisasi tentang teknologi nuklir kepada masyarakat sekitar. "Reaktor selalu mengacu pada SOP Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN) dari mulai desain pengoperasian hingga kedaruratan. Alhamdulillah hingga saat ini tidak pernah terjadi insiden," singkatnya.

Baca Juga

Berikan Komentar Anda