Serpong > Laporan Utama

Bangga! Ini Batik Benda Asli Kota Tangerang

Rabu, 13 September 2017 12:00 WIB
Editor : Ichwan Hasanudin | Reporter : Ade Indra Kusuma

Batik Benda
Lurah Jurumudi Baru Agung Permana mengenalkan Batik Benda.
Foto : Ade Indra Kusuma

Share this








Warga Kecamatan Benda, Kota Tangerang, Banten patut bangga. Kini ada Batik Benda yang berasal dari wilayah ini dan harus dijaga kelestariannya.

TANGERANG - Seorang warga di Desa Jurumudi Baru, Kecamatan Benda bernama Dewi mengembangkan corak batik yang bernuansa daun benda. Sesuai coraknya itu, batik ini pun dinamai Batik Benda.

Kemunculan batik ini sudah ada sejak 2015. Kini batik ini semakin berkembang dan kian diterima oleh masyarakat luas. Bukan hanya warga di Kota Tangerang tapi juga masyarakat di kota besar lainnya. 

“Coraknya menarik dan bisa kita gabungkan dengan corak batik khas Tangerang yang sudah ada sebelumnya,” ujar Dewi di kantor Kecamatan Benda, Kota Tangerang, Selasa (12/9/2017). 

Dikatakannya, saat ini penjualan batik ini sudah ada di online dan di salah satu gerai di Bandara Soekarno Hatta. Targetnya konsumen yang datang dari luar kota. “Menurut yang sudah-sudah batik kita coraknya menarik dan nyaman digunakan,” terang Dewi.

Lurah Jurumudi Baru Agung Permana menuturkan batik ini sudah didaftarkan hak ciptanya dan kini terus semakin berkembang. Pihaknya pun terus mendukung upaya dan langkah yang terbaik agar Batik Benda ini terus semakin dikenal, khususnya di wilayah Tangerang. 

“Pemasaran produk UKM ini, diakui Agung, memang belum begitu luas. Namun ada pengembangan yang sudah dilakukan pihaknya, yaitu pengemasan. Kemasan batik dibuat seapik mungkin untuk menarik orang agar membeli,” tukasnya.