Serpong > Laporan Utama

24 WNA Berbagai Negara Diamankan Imigrasi Bandara Soetta

Jumat, 11 Agustus 2017 18:51 WIB
Editor : Muhammad Saiful Hadi | Reporter : Handrian

Imigrasi Soetta menangkap WNA Ilegal.
Imigrasi Soetta menangkap WNA ilegal.
Foto : Handrian

Share this








24 Warga Negara Asing (WNA) ilegal yang diamankan Imigrasi Soetta berasal dari Nigeria, Libya, Bangladesh, China, dan Taiwan.

TANGERANG - Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang, mengamankan 24 Warga Negara Asing (WNA) ilegal. Mereka berasal dari Nigeria, Libya, Bangladesh, China, dan Taiwan.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Bandara Soetta, Enang Syamsi menyebutkan, puluhan WNA tersebut merupakan hasil operasi Timpora yang telah digelar sejak Rabu (9/8/2017).

"Dalam pelaksanaan operasi ini kita bagi menjadi empat group. Jadi puluhan orang itu sebagian diciduk di Terminal 2 Bandara Soetta, dan juga dari Ruko Sedayu hingga Taman Palem, Jakarta Barat," ujarnya, Jumat (11/8/2017).

Puluhan imigran yang diamankan, kata Enang, kebanyakan darinya telah melanggar administratif keimigrasian. "Seperti datang ke Indonesia menggunakan Visa wisatawan yang gratis, dan ada juga yang memiliki dua paspor salah satu di antaranya diduga palsu," ungkapnya.

Atas hasil temuan dalam operasi yang digelarnya secara humanis itu, Timpora kini sedang menindak lanjutinya dengan mempelajari dokumen yang mereka miliki.

"Kita tetap mengedepankan senyum. Tapi bukan berarti kita lemah. Semua dokumen mereka akan kami pelajari. Karena diduga ada pihak sponsor atau penjamin yang bersangkutan. Kini masih didalami," jelasnya.