Serpong > Komunitas

Podium All Day, Wadah Regenerasi Skateboarder Berprestasi

Jumat, 14 September 2018 14:54 WIB
Editor : Galih Pratama | Reporter : Galih Pratama

Komunitas skateboard Podium All Day.
Komunitas skateboard Podium All Day.
Foto : Reggy Prawoso

Share this








Ada sekira 90 anggota yang bergabung di Podium All Day. Komunitas ini hadir sebagai regenerasi skateboader, khususnya di Tangerang.

TANGERANG - Skateboard kini menjelma menjadi salah satu olahraga yang cukup digemari oleh kalangan anak muda. Bahkan skateboard masuk dalam kategori olahraga prestasi. Terbukti, di ajang Asian Games 2018, para atlet skateboard Tanah Air mampu mengharumkan nama bangsa dengan menyumbangkan medali perak dan perunggu.

Untuk menjaga regenerasi skateboarder di Tanah Air, kini banyak bermunculan komunitas skateboard sebagai wadah mereka mengasah skill bermain skateboard. Salah satunya adalah Podium All Day. Selain menjaga regenarasi skateboarder, Podium All Day hadir ingin memperkenalkan olahraga skateboard kepada khayalak luas. “Kami ingin memperkenalkan olahraga ini kepada masyarakat dan mendorong pemerintah agar lebih memperhatikan olahraga ini,” kata Andhika Wirawan Pembina Podium All Day.

Dijelaskannya, komunitas ini mulai eksis dari tahun 2000-an. Seiring banyaknya peminat skateboarder yang gabung, komunitas ini lalu resmi menjadi organisasi pada 2009 silam. Bahkan kini, telah diakui oleh Kementrian Hukum dan Ham, Kementerian Pemuda dan Olahraga serta Forum Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI).

Tercatat ada sekira 90 anggota yang bergabung dalam Podium All Day. Mereka berasal dari Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, dan Kabupaten Tangerang. Sedangkan dominasi anggotanya adalah pelajar. Prestasi anggotanya pun tak bisa dipandang sebelah mata. Terbaru, ada salah anggotanya yang bernama Nyimas Bunga Cinta berlaga di Asian Games 2018 dan berhasil menyabet medali perunggu.

Prestasi tersebut memang tak lepas dari latihan yang rutin digelar Podium All Day. Hampir setiap hari, mereka menggelar latihan bersama, bahkan dilatih oleh pelatih profesional. Tempat latihannya sendiri ada di Skatepark Moch Yamin Tangerang. Namun kerap juga digelar di BSD Xtreme Park BSD. “Kalau pemain yang sudah banyak sponsor dan endorse dari brand biasanya mainnya di BSD Xtreme Park, karena di sana  ada lebih dari 10 obstacles dan floornya bagus,” kata Andhika.

Sementara bagi yang ingin bergabung dalam komunitas ini, Andhika mengatakan tak ada persyaratan khusus. Semua kalangan bisa gabung dan bermain skateboard bersama. Di sisi lain, dia berharap olahraga skateboard makin berkembang. “Harapan kita ke depan sih ingin punya PB sendiri Lepas dari PORSEROSI,”harapnya.