Serpong > Komunitas

Keturunan Oeyoet Pisin Ingin Bentuk Yayasan

Minggu, 08 Juli 2018 11:42 WIB
Editor : Wahyu AH | Reporter : Alfriani Anisma Wibowo

Paguyuban Keluarga Besar Oeyoet Pisin
Paguyuban Keluarga Besar Oeyoet Pisin
Foto : Alfi Dinilhaq

Share this








Keturunan Oeyoet Pisin ingin Paguyuban Keluarga Besar Oeyoet Pisin tak sekadar wadah kumpul tetapi menjadi yayasan yang dapat bermanfaat bagi keluarga.

TANGSEL – Sahabat terbaik adalah keluarga. Sehingga wajar, bila setiap orang selalu merancang cara guna mempererat ikatan persaudaraan. Terlebih, mereka yang berasal dari silsilah atau keturunan yang sama. Semisal, dengan pertemuan rutin

Selain sebagai wadah bertemu, silaturahmi juga kerap dianggap sebagai cara memperluas rezeki. Seperti yang dilakukan Paguyuban Oeyoet Pisin (POP). Keluarga keturunan Oeyoet Pisin ini memiliki agenda rutin halal bihalal.

“Sudah tiga tahun berturut-turut halal bi halal ini digelar sejak tahun 2016. Alhamdulillah setiap tahunnya tidak kurang dari 400 orang yang hadir, tapi kalau hadir semua bisa ribuan. Tahun ini lokasi pertemuan di Roda Hias Serpong,” ungkap Ustadz Saiman, Sekretaris POP Serpong, Sabtu (7/7/2018) di lokasi pertemuan.

Paguyuban Oeyoet Pisin (POP) merupakan komunitas warga asli di Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Komunitas ini hadir sejak tiga tahun silam, tepatnya pada Desember 2015.

Berawal dari inisiatif Hj. Lusy binti H. Slamet (Puhu Ci'ang) dan beberapa orang perwakilan keluarga, kemudian sebanyak 12 orang berkumpul hingga POP Serpong terbentuk.  “Akhirnya kami sepakat menamai komunitas ini dengan Paguyuban Oeyoet Pisin dengan program mengadakan acara halal bihalal keluarga besar,” jelasnya.

POP Serpong memiliki tujuh puhu atau dalam kamus Sunda yaitu bagian pohon yang dekat akar atau keluarga/keturunan terdekat di Paguyuban Oeyoet Pisin. Yakni, Puhu Raimun, Puhu Niyot, Puhu Ciung, Puhu Inel, Puhu Ci’ang, Puhu Senah, dan Puhu Nian. 

“Dengan adanya paguyuban ini maka hubungan antar keluarga yang tadinya belum kenal jadi saling kenal dan semakin kuat rasa kekeluargaan kami,” ujar Ustadz Saiman.

Kedepan komunitas ini berwacana membuat Paguyuban Oeyoet Pisin menjadi formal dalam bentuk yayasan yang kelak bisa membantu meningkatkan kesejahteraan anggota keluarga POP Serpong.

"Nanti bisa memberikan beasiswa pendidikan untuk membantu anggota keluarga yang kurang mampu dan lain," tambah Ustadz Saiman.

POP Serpong memiliki tujuan yang mulia yaitu dengan visi menjadi Warga Negara Republik Indonesia yang Mandiri, Amanah, Terbuka, Bertanggung-jawab, Religius, dan Harmonis. Adapun misinya menjalin kekeluargaan, kebersamaan, kekompakan, keguyuban, serta memelihara kerukunan warga sehingga tercipta masyarakat yang berakhlaqul karimah, adil, damai dan sejahtera. 







 

Berita Terkait