Serpong > Kesehatan

Ternyata Mengunyah Permen Karet Kaya Manfaatnya Lho

Kamis, 11 Januari 2018 17:50 WIB
Editor : Galih Pratama | Reporter : Alfriani Anisma Wibowo

Ilustrasi menguyah permen karet.
Ilustrasi mengunyah permen karet.
Foto : istimewa

Share this








Mengunyah permen karet memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan, seperti meningkatkan daya ingat hingga menurunkan tingkat stres.

SERPONG - Sensasi mengunyah permen karet memang unik. Apalagi permen karet tersedia dalam berbagai rasa yang menarik. Nah, tahukah Anda kalau ternyata permen karet memiliki ragam manfaat?

Berikut empat manfaat menguyah permen karet yang dirangkum Infonitas.com dari berbagai sumber:

Fungsi Otak

Saat Anda melakukan gerakan mengunyah, ternyata ada beberapa bagian otak yang menjadi aktif. Bagian tersebut antara lain adalah otak kecil (serebelum), batang otak, motor korteks, kaudata, cingulate, dan lainnya. Selain itu, saat makan permen karet, kandungan gula pada permen karet dapat meningkatkan aliran darah menuju ke jaringan otak. Adanya peningkatan ini dapat mengaktifkan bagian frontotemporal korteks dan otak kecil.

Daya Ingat

Mengonsumsi permen karet bebas gula juga bisa meningkatkan daya ingat, baik ingatan jangka pendek maupun ingatan jangka panjang. Para ahli menduga bahwa hal ini terjadi karena saat mengunyah, aktivitas otak di bagian otak hipokampus meningkat. Nah, bagian otak ini bertugas untuk menjalankan fungsi daya ingat.

Menurunkan Perasaan Stress

Permen karet juga memiliki manfaat lain yaitu dapat menurunkan perasaan stres dan tertekan pada seseorang. Permen karet dianggap sebagai salah satu metode relaksasi. Mengunyah permen karet ternyata dapat menurunkan rasa bosan dan perasaan tertekan yang dialami oleh seseorang. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Paul Smith, didapatkan bahwa mereka yang mengonsumsi permen karet akan mengalami mood yang lebih baik dibandingkan orang yang tidak makan permen karet.

Mengusir Kantuk

Mengunyah permen karet bisa membantu Anda agar tetap terjaga dan waspada saat jaga malam (begadang), apalagi jika mengonsumsi jenis permen karet yang mengandung kafein. Meskipun tidak bisa sepenuhnya mengusir kantuk, tentu mengunyah permen karet bisa membuat Anda lebih segar.

Namun sebaiknya jangan terlalu sering makan permen karet. Bila Anda memang suka permen karet, jangan lupa untuk selalu merawat kesehatan gigi dan mulut serta rutin periksa ke dokter gigi.