Serpong > Kesehatan

Pentingnya Perawatan Preventif Rongga Mulut

Jumat, 23 Februari 2018 13:33 WIB
Editor : Galih Pratama | Reporter : Alfi Dinilhaq

Perawatan preventif rongga gigi sangat penting untuk mencegah risiki kerusakan gigi.
Perawatan preventif rongga gigi sangat penting untuk mencegah risiki kerusakan gigi.
Foto : Geri B

Share this








Perawatan kesehatan gigi atau rongga mulut sangat penting untuk menghindari dari kerusakan gigi ataupun penyakit serius lainnya.

BSD City - Dewasa ini seringkali kita lupa akan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut. Ada kecenderungan di masyarakat bahwa memeriksakan kesehatan gigi hanya penting saat sakit gigi saja. Padahal kesehatan gigi juga membutuhkan perawatan preventif agar terhindar dari berabagai penyakit serius.

Seperti dikatakan Jeffrey Prasetyo, General Manager Aesthetics Dental Care. Menurutnya perawatan preventif gigi sangat penting.Utamanya memang untuk menghindari kerusakan gigi. Terlebih, kata dia, mencegah lebih baik dari pada mengobati.  “Kami percaya bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati. Kami berharap agar suatu hari semua klien yang pernah dirawat tidak kembali karena sakit atau kerusakan gigi, namun lebih perawatan pencegahan dan estetika,” katanya.

Aesthetics Dental Care yang berada di Giri Loka 3 BSD City jadi salah satu referensi bagi yang ingin melakukan perawatan kesehatan rongga mulut secara keseluruhan. "Kita fokus pada preventif treatment, yaitu melakukan pencegahan dengan berbagai treatment seperti pembersihan karang gigi, dental spa dan pemberian fluor untuk anak-anak," jelasnya. 

Selain perawatan gigi, klinik ini juga menyediakan perawatan estetika gigi. Misalnya whitening treatment atau bleaching, treatment veneer, dan pemasangan kawat gigi. Seperti dikatakan drg. Joshua Sutanto, Dokter Gigi di Aesthetics Dental Care menjelaskan bahwa kasus yang paling banyak di klinik ini adalah kasus ortodonsia atau pemasangan kawat gigi atau behel gigi. 

"Kita paling banyak menangani kasus ortodonsia. Braces kita ada beberapa macam salah satunya braces clear, sehingga kawat dan behel hampir tidak terlihat dan ada juga yang menggunakan braces model terbaru yang tidak menggunakan karet lagi pemasangannya lebih mudah," jelasnya. 

Untuk proses pemasangan braces atau braket melalui tahap konsultasi dan pencetakan rahang atas dan bawah. Setelah itu dokter melakukan perhitungan dan membuat rencana perawatan. Setelah itu melakukan pemasangan braces, kontrol rutin, dan melakukan pemasangan retainer. 

“Untuk jenis kawat, ada dua pilihan, yakni metal dan clear. Sedangkan untuk model ada yang menggunakan system damon dan ada yang menggunakan klip atau advance. Warnanya pun beragam mukai merah, ijo, biru, putih, abu-abu,” katanya.

Perawatan kesehatan maupun estetika gigi di sini, didukung dengan peralatan yang modern dan berkualitas. Sehingga pelayanan bisa maksimal untuk pasien. Namun satu hal yang perlu diperhatikan oleh pasien, kata Joshua, kesehatan gigi atau rongga mulut tetap menjadi hal yang utama.

"Kesehatan tetap menjadi nomor satu dari segi fungsional, untuk estetikanya merupakan bonus. Untuk itu kita harus terus jaga kesehatan gigi sejak awal," pungkasnya.