Rabu, 10 Oktober 2018 11:30:00
Editor : Oktaviani | Sumber : DBS
Ilustrasi.
Ilustrasi.
Foto : istimewa
 

SERPONG - Bawang putih merupakan bumbu dapur yang wajib ada dalam setiap masakan. Tanaman dengan nama latin Allium Sativum ini memang bermanfaat untuk memberi rasa sedap masakan dan aroma yang menggiurkan. Namun tak banyak yang tahu, bawang putih juga memiliki segudang manfaat.

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal online Cancer Prevention Research mengemukakan sesuatu yang menarik tentang bawang putih. Penelitian itu menyebut bahwa sejak tahun 2000 SM China telah menggunakan bawang putih sebagai obat.

Dilansir dari healthyfoodvision.com, penelitian menunjukkan bahwa bawang putih dapat mencegah kanker dan mengurangi risiko kanker hingga 44 persen. Hal ini terjadi karena di dalam bawang ditemukan adanya pelepasan senyawa organ belerang ketika umbi bawang putih dikunyah jadi lembut.

Ketika dicerna, senyawa ini dikeluarkan melalui paru-paru dalam bentuk napas yang dihasilkan setelah mengonsumsi bawang putih.

Tapi justru fenomena inilah yang dipercaya para ilmuwan memberikan perlindungan dari kanker. Memasak bawang terlebih dahulu dapat mengurangi keampuhan sufur aktif.

Studi lain secara khusus berkonsentrasi pada bahan kimia yang terkandung dalam bawang putih mengungkap bahwa turunan sulfur, diallyl disulfide "Menghambat proliferasi sel di banyak jalur sel kanker."

Tidak hanya pertumbuhan berhenti tetapi sel-sel kanker mati dalam 24 jam. Karena sifat antioksidannya, penelitian lain telah menemukan bawang putih efektif dalam mengobati pilek, infeksi, diabetes, dan mencegah penyakit jantung.

 

Baca Juga

Berikan Komentar Anda