Selasa, 13 Maret 2018 17:22:00
Editor : Galih Pratama | Reporter : Alfriani Anisma Wibowo
Ilustrasi serangan jantung
Ilustrasi serangan jantung
Foto : istimewa
 

SERPONG - Serangan jantung merupakan penyakit silent killer yang bisa menyerang siapa saja, termasuk mereka yang masih usia muda. Pemicu serangan jantung ini disebabkan gaya hidup yang tidak sehat, seperti jarang berolahraga, makan berlemak tinggi hingga kebiasaan merokok.

Nah agar terhindar dari penyakit ini, Anda harus menerapkan gaya hidup sehat. Berikut beberapa cara dan gaya hidup yang perlu diterapkan agar terhindar dari serangan jantung.

1. Hentikan Kebiasaan Merokok

Merokok merupakan kebiasaan yang sangat buruk yang sebaiknya dihentikan. Asap rokok bukan hanya merusak organ paru-paru saja melainkan hampir seluruh organ tubuh bisa terkena dampaknya. Hindari juga rokok elektrik karena sama-sama berbahaya untuk kesehatan jantung Anda.

2. Lupakan Minuman Alkohol dan Soda

Alkohol merupakan musuh utama jantung, Minuman berlakohol bisa merusak pembuluh darah dalam tubuh termasuk pembuluh darah koroner. Begitu pun dengan minuman bersoda, karena minuman ini berkalori tinggi yang bisa memicu penumpukan kalori dan bisa berubah menjadi lemak yang berbahaya bagi kesehatan jantung.

3. Idealkan Berat badan

Berat badan berlebih bisa mengundang risiko serangan jantung meningkat. Tak hanya berat badan berlebih saja, berat badan yang terlampau kurus juga rentan terkena masalah serangan jantung. Untuk lebih aman coba idealkan berat badan Anda.

4. Aktif secara Fisik

Tubuh yang pasif juga bisa mengundang beragam penyakit salah satunya ialah serangan jantung. Untuk mencegah hal itu Anda wajib aktif secara fisik. Luangkanlah waktu setidaknya 150 menit per minggu untuk olaharaga. Olaharga sangat penting sekali untuk kesehatan pembuluh darah dan sirkulasi darah dari atau keluar jantung.

5. Jaga Pola makan

Wajib sekali menjaga pola makan. Lupakan untuk makan fast food atau junk food agar terhindar dari serangan jantung. Utamakan makanan sehat yang kaya serat, misalnya konsumsi buah dan sayur. Pilih juga protein dari laut karena mengandung banyak mineral dan asam lemak sehat yang berguna menguatkan jantung.

Baca Juga

Berikan Komentar Anda