Serpong > Kesehatan

Kenali Asam Urat bersama Siloam Hospitals Lippo Village

Minggu, 19 November 2017 16:57 WIB
Editor : Melati Amaya DS | Reporter : Alfi Dinilhaq

Seminar Kesehatan “Penanganan Nyeri Karena Asam Urat”.
Suasana setelah Seminar Kesehatan “Penanganan Nyeri Karena Asam Urat”.
Foto : Alfi Dinilhaq

Share this








Secara normal, manusia memiliki asam urat dalam tubuhnya. Kadar yang berlebihan ini akan memicu timbulnya gangguan kesehatan.

TANGERANG-Asam urat  atau gout merupakan penyakit yang diakibatkan oleh kadar asam urat yang berlebihan yang ada pada tubuh manusia. Asam urat ini akan larut dalam darah dan dikeluarkan lewat ginjal. 

“Laki-laki lebih rawan terkena penyakit asam urat dibandingkan dengan perempuan, terutama saat usia mereka di atas 30 tahun. Sedangkan pada perempuan biasanya penyakit ini timbul setelah memasuki usia menopause,” jelas dr. Sandra Sinthya Langow,  SpPD –  KR, Internis Konsultan Reumatologi Siloam Hospitals Lippo Village.

Dalam paparan dr. Sandra pada helatan Talk Show untuk awam Bincang Sehat Bersama Spesialis dengan tema “Penanganan Nyeri Karena Asam Urat” di Aula Lantai 11 Siloam Hospitals Lippo Village, Sabtu (18/11) dikatakan bahwa seseorang yang suka mengkonsumi makanan seperti  jeroan, makanan laut, daging atau hewan berkaki empat dan gemar minuman beralkohol akan berisiko tinggi terkena penyakit asam urat. 

Selain itu bahwasanya penyakit ini juga rawan dialami oleh orang-orang yang menderita kegemukan dan darah tinggi. Asam urat yang berlebihan dapat menimbulkan penumpukan kristal asam urat di jaringan dan sekitar sendi sehingga menimbulkan peradangan.

Lebih lanjut dr. Sandra menjelaskan bahwa penyakit asam urat akut akan diawali gejala nyeri sendi asam urat yang sangat khas. Biasanya hanya mengenai satu sendi kemudian timbul tiba-tiba dan sangat sakit sampai membuat orang tidak bisa berjalan dan biasanya akan membaik dengan sempurna. Ini merupakan gambaran serangan asam urat akut. 

Secara umum asam urat terjadi di jempol kaki, telapak kaki, dan lutut dan jika terjadi asam urat agar segera kompres dengan es batu dan istirahatkan dahulu sendi yang terkena selama 24 jam.

Terkait penanganan asam urat agar segera berkonsultasi dengan dokter apabila Anda mencurigai terkena asam urat. Jangan membeli obat di warung atau toko obat saat sedang sakit sendi. Kebanyakan pasien datang ke Rheumatologist setelah terjadi sendi kronik dan kondisi ini sering kali sulit ditangani.

 

Berita Terkait