Rabu, 13 Juni 2018 10:00:00
Editor : Ichwan Hasanudin | Reporter : Ichwan Hasanudin
Jangan Makan Berlebihan Saat Lebaran
Ilustrasi makanan lebaran.
Foto : istimewa
 

SERPONG – Makan saat hari raya Idul Fitri merupakan agenda wajib. Bagi banyak orang, waktu inilah yang banyak orang lepas kontrol sehingga seakan bebas memakan apapun.

Bagi Anda yang sedang dalam upaya penurunan berat badan, terlebih yang memiliki penyakit tertentu, harus berhati-hati dan ketat menjaga pola makan sehat.

Untuk itu hindari makan makanan yang berlebihan saat Lebaran. Tips-tips ini bisa menjadi solusi untuk mencegah makan berlebihan saat Lebaran.

Perhatikan apa yang dimakan
Makanan saay hari raya biasanya mengandung tinggi lemak, protein, karbohidrat. Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, jangan menolak makanan yang disiapkan. Terpenting adalah tetap menjaga porsinya, dan jangan makan terlalu kenyang.

Bai penderita penyakit tententu seperti diabetes, maka haru pandai-pandai mengatur pola makan. Perhatikan betuk makanan yang dimakan, misalnya membatasi makan ketuat dan mengurangi kuah santan.

Jangan lapar mata
Makanan yang tersedia saat hari raya membuat Anda menjadi “lapar mata”. Kondisi ini bisa disiasati dengan lebih banyak menghabiskan waktu dengan ngobrol bersama teman atau saudara.

Berhenti setelah kenyang
Saat Labaran, banyak orang mengabaikan rasa kenyang. Padahal inilah salah satu sumber datangnya banyak penyakit. Untuk mengatasinya, cobalah mengisi piring Anda dengan makan-makanan yang benar-benar ingin dimakan. Makanlah secara perlahan dan jauhkan piring kosong dari Anda agar tidak ada hasrat untuk tambah makanan.

Piring penuh sayur
Sayur dapat membuat Anda kenyang lebih cepat dengan kandungan serat yang tinggi. Pilihlah sayuran yang tidak bersantan. Namun bila tidak ada, boleh mengonsumsi sayur bersantan tapi mengurangi jumlah kuahnya.

Hindari daging berlemak
Makanan yang biasa dihidangkan saat hari raya idul fitri berupa olahan berbagai jenis daging, baik daging sapi, kambing, maupun daging ayam. Daging, terutama daging merah, cenderung tinggi akan lemak jenuh.

Waspadai minuman mengandung gula
Sirup dan soda merupakan jenis minuman yang umum disajikan saat Idul Fitri. Minuman itu umunya mengandung tinggi gula. Dalam satu sendok makan sirup mengandung 53 kalori yang hampir seluruhnya berasal dari karbohidrat.

 

Baca Juga

Berikan Komentar Anda