Jumat, 09 November 2018 16:09:00
Editor : Oktaviani | Sumber : Kompas.com
Ini Manfaat Teh Bagi Tubuh
Ilustrasi konsumsi teh. (Dok. Istimewa)
Foto : istimewa
 

SERPONG - Minum teh menjadi salah satu rutinitas bagi sebagian orang. Teh yang rasanya unik memang memberikan sensasi menenangkan ketika diminum. Apalagi jika diminum saat pagi hari untuk memulai hari.

Di balik nikmatnya teh, ada beberapa manfaat kesehatan yang perlu diketahui. Misalnya teh hitam yang mengandung asam amino L-theanine bisa membantu seseorang berkonsentrasi lebih baik serta memberikan rasa rileks.

Dilansir dari Legionathletics, beberapa macam teh memberikan manfaat dapat membantu memberantas lemak dalam tubuh. Teh putih atau white tea merupakan teh yang pengolahannya hanya dijemur setelah dipetik. Umumnya, teh ini mentah dan memiliki rasa yang lebih ringan, halus, dan sedikit manis serta bebas kalori.

Ada juga teh oolong yang terbukti dapat membantu menurunkan berat badan karena bisa mengaktifkan enzim pelarut trigliserida atau jenis lemak yang bisa menyebabkan obesitas. Selain mengaktifkan enzim pelarut, teh oolong juga dapat membantu membakar kalori dalam tubuh. Antioksidan yang terdapat pada teh oolong juga bisa menurunkan kadar kolesterol jahat.

Sementara teh peppermint sering dijadikan pilihan minuman bagi orang yang sedang diet karena sifatnya yang menekan nafsu makan. Teh jenis ini dikaitkan dengan kesehatan pencernaan karena membantu otot intestin dalam tubuh lebih rileks.

Bagi yang hobi minum teh, dianjurkan diminum saat pagi hari karena jumlah kafein yang rendah bisa membantu meningkatkan aliran darah ke otak sehingga membuat tubuh lebih berenergi.

Namun hati-hati dalam penggunaan gula pada secangkir teh. Takaran gula yang berlebih juga bisa berbahaya bagi tubuh karena bisa memicu diabetes. Maka gunakan pemanis rendah kalori seperti Nulife Sweetener untuk teman minum teh.

Baca Juga

Berikan Komentar Anda