Serpong > Kecantikan

Ini Bahaya Make-Up Jika Dibawa Tidur

Jumat, 07 April 2017 16:31 WIB
Editor : Ivan | Sumber : DBS

Ilustrasi - TIdur dengan make-up
Ilustrasi - TIdur dengan make-up
Foto : istimewa

Share this








Karena sudah telalu lelah, wanita biasanya tidak menghapus riasan dan langsung tidur. Hal ini berisiko mengganggu kesehatan.

TANGSEL – Setelah melalui hari yang panjang dan melelahkan, kaum hawa umumnya langsung menuju kamar tidur untuk segera merebahkan diri dan terlelap. Mereka lupa dengan riasan yang telah menempel seharian di wajah.

Padahal, riasan ini harus dibersihkan sebelum tidur. Sebab, riasan yang masih menempel di wajah dan dibawa tidur akan mengganggu kesehatan di kemudian hari.

Dikutip dari dari Huffington Post, Eric Schweiger dan Erin Gilbert dari Clear Clinic, New York, mengatakan bahwa sering tidur dengan sisa kosmetik yang masih menempel di wajah dapat merusak kesehatan wajah dan mata.

"Tidur dengan masih menggunakan kosmetik dapat meningkatkan paparan radikal bebas pada kulit. Radikal bebas ini menyebabkan kerusakan kolagen, sehingga menimbulkan garis-garis halus pada kulit," ujar Schweiger.

Selain itu, lanjutnya, sisa kosmetik yang tidak dibersihkan sampai tuntas juga dapat menyumbat pori-pori saat tidur. Hal ini memicu perkembangan jerawat.

Baca Juga : Legalitas Klinik di Bekasi

Namun, efek-efek negatif tersebut mungkin tidak akan langsung muncul jika kebiasaan ini dilakukan dalam satu atau dua malam. “Jika kondisi ini dilakukan setiap malam dan cukup sering, maka efek buruk yang muncul tidak akan diragukan lagi,” imbuhnya.

Khusus untuk kosmetik mata seperti maskara dan eyeliner, efek yang muncul juga tak kalah berbahaya.

Schweiger menjelaskan, tidur dengan kosmetik mata yang masih menempel dapat menimbulkan iritasi pada mata.

"Sering tidur dengan kosmetik mata yang masih menempel dapat mengakibatkan penyumbatan folikel rambut kecil dan kelenjar minyak pada kelopak mata. Ketika area ini tersumbat, bakteri dapat masuk dan menyebabkan peradangan," tuturnya.