Kamis, 25 Oktober 2018 17:29:00
Editor : Oktaviani | Sumber : DBS
Tips Hemat Ala Ibu Rumah Tangga
Ilustrasi uang
Foto : istimewa
 

SERPONG - Mendedikasikan waktu secara penuh sebagai ibu rumah tangga? Nyatanya, menjalani profesi mulia ini bukanlah perkara mudah. Tidak hanya sekadar mengerjakan pekerjaan rumah serta mengurus suami dan anak, tetapi Anda juga dituntut untuk bertanggung jawab dalam mengatur keuangan keluarga.

Tiap bulannya, Anda harus memastikan bahwa pendapatan dari suami cukup untuk memenuhi keperluan rumah tangga. Mulai dari kebutuhan sandang, pangan, papan, iuran asuransi, cicilan kredit rumah dan mobil, pembayaran listrik, hingga kebutuhan sehari-hari. Lalu bagaimana cara mengatur keuangan dengan begitu banyaknya pengeluaran? Coba simak beberapa tips berikut ini.

1.  Komitmen dan konsisten

Cara ini  yang paling sering dilakukan oleh para ibu rumah tangga karena merupakan taktik menabung paling simpel. Anda hanya perlu komitmen dan konsisten menyisihkan uang dari anggaran belanja untuk ditabung.

2.  Simpan uang koin

Uang koin yang biasanya terbuang atau buru-buru Anda belanjakan karena membuat dompet terasa berat, ternyata jadi hartu karun yang disayang oleh para ibu rumah tangga. Mereka tak pernah lupa memasukkan uang koin sisa belanja ke dalam celengan yang sudah disediakan di rumah. Meski terlihat sepele, Anda pasti akan terkejut dengan jumlah yang bisa didapat dari mengumpulkan uang koin selama setahun.

3. Hindari yang tidak perlu

Ini rahasia umum. menghindari pengeluaran yang tidak perlu. Misalnya dengan menabung dari hasil uang berhemat listrik, pulsa, dan internet. Dengan menghemat berbagai pengeluaran tersebut, maka Anda tidak perlu mengeluarkan uang banyak dan sisanya dapat ditabung.

4. Membandingkan harga

Sebelum membeli barang atau mengeluarkan uang, selalu luangkan waktu untuk terlebih dahulu membandingkan harga barang dari semua merek yang ditawarkan, untuk melihat pilihan mana yang akan mmeberikan harga dan value terbaik.

5. Berburu diskon

Berhemat adalah salah satu trik menabung yang jitu, terlebih saat berebelanja berbagai kebutuhan keluarga. Anda harus pintar-pintar mencari diskon dan promo. Baik di toko online mau pun supermarket. 

 

Baca Juga

Berikan Komentar Anda