Selasa, 23 Oktober 2018 17:30:00
Editor : Oktaviani | Sumber : DBS
Stres Jelang Pernikahan? Bagaimana Mengatasinya?
Ilustrasi.
Foto : istimewa
 

SERPONG - Mengurusi berbagai keperluan persiapan pernikahan memang membuat kepala pusing. Malah banyak sekali calon pengantin yang jatuh sakit karena memikir persiapan yang begitu banyak. Mencari vendor pernikahan, mentukan budget, menentukan konsep, dan tema pernikahan yang sepertinya tidak ada habisnya. Belum lagi drama-drama kecil yang terjadi menjelang pernikahan.

Stres menjelang pernikahan bukanlah hal yang aneh dan wajar dialami oleh para calon pengantin. Namun, bukan berarti lantas membiarkannya berlarut-larut, sebab hal ini bisa memicu depresi dan pertengkaran dengan pasangan. Daripada stres, coba ikuti beberapa tips berikut ini.

Rileks

Ketegangan sudah cukup tinggi, emosi mulai tak terkendali. Anda jadi mudah tersinggung. Kesalahan kecil bisa memicu kemarahan. Cobalah rileks misalnya melakukan meditasi sambil mendengarkan musik bernuansa alam, seperti kicauan burung dan desiran ombak. Bayangkan berada di suatu tempat yang pernah dikunjungi dan bangkitkan rasa senang pada tempat itu.

Siapkan mental

Butuh keberanian yang cukup besar untuk memulai kehidupan bersama dengan orang lain. Maka itu, persiapan mental perlu dilakukan. Caranya, dengan bersikap jujur dan terbuka. Ungkapkan kelemahan dan kelebihan masing-masing. Jika ada sesuatu yang masih mengganjal dalam hubungan dengan si dia, segera selesaikan. Belajarlah untuk menghargai kebersamaan.

Saling menghargai

Tingkatkan toleransi dan tekanlah ego. Jangan membesar-besarkan masalah. Hargai pendapat orang lain (termasuk pendapat keluarga masing-masing). Banyak pasangan yang menjelang pranikah berselisih paham, hanya karena perbedaan pendapat tentang penyelenggaraan pernikahan yang sebenarnya tidak perlu dipermasalahkan. Ingat, bukan cara penyelenggaraan event wedding yang penting, melainkan pernikahan itu sendiri.

Manjakan diri

Persiapkan tubuh untuk memasuki dunia pernikahan. Istirahat yang cukup dan konsumsi makanan yang sehat agar tubuh Anda fit di hari-H. Manjakan diri Anda. Biasanya, stres langsung hilang begitu mendapat partner yang tepat untuk bergembira.

Menikmati

Jadikan pengalaman menjadi pengantin sekali seumur hidup itu seperti menghadapi kejutan bahagia yang tak terduga. Jangan membuat hari pernikahan seperti menghadapi ujian atau pun saat-saat yang terasa mengerikan hanya karena cemas akan berjalan lancar atau tidak. Nikmati saja setiap momen penting yang terjadi dalam hidup Anda. Dan pada hari-H, tersenyumlah dan jangan memikirkan kekurangan yang terlihat. Bergembiralah karena hari itu adalah hari paling penting dalam hidup Anda.

 

Baca Juga

Berikan Komentar Anda