Rabu, 05 Desember 2018 09:31:00
Editor : Oktaviani | Sumber : Vemale.com
Penyebab Sembelit Pada Anak yang Sering Terjadi Namun Jarang Disadari
Ilustrasi.
Foto : istimewa
 

SERPONG - Pernah mendapati buah hati kesakitan saat buang air besar karena sembelit? Sembelit sendiri merupakan kondisi di mana anak kesulitan buang air besar karena tinja atau feses keras. Melansir dari laman Kidshealth.org, sembelit pada anak bisa disebabkan oleh banyak hal.

Penyebab tersebut antara lain adalah kurangnya asupan serat dan air dalam tubuh. Jika serat dan air tercukupi dengan baik, maka sisa makanan yang ada bisa melewati sistem pencernaan dengan lancar. Lancarnya hal ini juga akan membuat aktivitas buang air besar lancar pula.

Sembelit tak hanya disebabkan karena kurangnya asupan serat dan air dalam tubuh. Lebih jauh, sembelit terutama yang sering dialami anak juga disebabkan oleh konsumsi makanan kurang sehat antara lain burger, gorengan, makanan berlemak, susu kocok atau makanan olahan gula seperti permen, biskuit dan minuman ringan.

Stres dan depresi juga menjadi faktor penyebab kenapa anak mengalami sembelit. Beberapa penelitian menyebutkan jika anak yang rentan stres dan memikirkan sesuatu dengan sangat berat, mereka akan kesulitan buang air besar. Anak yang stres dan tertekan juga sangat mungkin mengalami berbagai masalah kesehatan lainnya yang lebih berbahaya.

Untuk menghindari atau mencegah masalah sembelit, pastikan anak memiliki asupan serat dan air cukup. Pastikan bahwa anak senantiasa makan makanan bergizi dan terhindar dari stres. Jika sembelit tak kunjung sembuh, jangan segan memeriksakan anak ke klinik atau rumah sakit terdekat.

 

Baca Juga

Berikan Komentar Anda