Serpong > Famili

Mendidik Anak Menjadi Pribadi Mandiri

Senin, 20 Maret 2017 15:02 WIB
Editor : Admin | Reporter : Alfriani Anisma Wibowo

Florianus Suhardi dan Ririn Basuki.
Florianus Suhardi dan Ririn Basuki.
Foto : Geri B

Share this





Meski sibuk, pasangan ini tetap memberikan porsi khusus untuk berkumpul bersama dengan buah hatinya.

Info Famili - Sebagian orang tua yang memiliki anak tunggal, cenderung terlalu memanjakan buah hatinya. Tak jarang apapun yang diminta anak selalu dipenuhi. Namun tidak bagi pasangan Florianus Suhardi (39) dan Ririn Basuki (45). Sejak kecil, mereka mendidik anak semata wayangnya, Donna Calista Dominique (6) menjadi pribadi yang mandiri.

Kebetulan kedua orang tua Calista adalah pekerja. Tak heran bila dalam kesehariannya, dia terbiasa melakukannya sendiri. Bisa dibilang dia termasuk anak yang sangat mandiri. “Sejak usia dini, kami membiasakan anak mengerjakan sesuatu sendiri. Bila mengalami kesulitan, ia boleh meminta bantuan. Penerapan sistem ini dapat membentuk karakter anak menjadi tegar dan pekerja keras,” ungkap Ririn.

Pasangan ini juga menerapkan sistem reward dalam mendidik anak. Kara Ririn, reward tersebut bisa berupa hadiah ataupun pujian. Melalui reward, lanjutnya, anak diharapkan lebih termotivasi untuk melakukan hal positif. “Misalnya, anak harus merapihkan kamar tidurnya yang berantakan. Supaya dia lebih semangat, kami menjanjikan sesuatu seperti memberikan es krim. Ketika menjanjikan sesuatu ke anak, kita harus menepatinya,” tegas Paulus.

Rutinitas kerja yang padat memang jadi kendala pasangan ini untuk kumpul bersama dengan buah hatinya. Namun ketika hari libur tiba, keduanya berusaha selalu menghabiskan waktu dengan Calista. “Sebisa mungkin ajak Calista bermain sembari belajar. Saya ajarkan menanam pohon di halaman rumah. Dia (Calista) memang suka membantu apa yang sedang saya kerjakan di rumah,” terang Ririn.

Sementara Paulus sendiri punya cara tersendiri untuk memanjakan buah hatinya.  “Sedangkan saya suka mengajak anak bermain di ruang terbuka sambil beraktivitas fisik. Kami juga kerap berwisata kuliner dan belanja bersama,” tutupnya.