Segitiga Emas > Hiburan

Jejak Batik Lewat Karya PAT(h)TERN

Minggu, 19 Maret 2017 17:00 WIB
Editor : Waritsa Asri | Reporter : Adresau Sipayung

Kawung Art Culture
Kawung Art Culture
Foto : Adresau Sipayung

Share this

0





0

Kawung Art Culture baru saja menampilkan seni pertunjukkan yang memadukan tari, video mapping serta soundscape dalam proses karya membatik ‘PAT(h)TERN’

THAMRIN  - Panggung Galeri Indonesia Kaya baru saja menghadirkan komunitas seni, "Kawung Art Culture".  Komunitas ini menunjukkan karya yang indah bertajuk "PAT(h)TERN, Perjalanan dan Jejak-Jejaknya", di Auditorium Galeri Indonesia Kaya, Jalan Thamrin, Sabtu (18/3/2017).

Komunitas tersebut memadukan tari, video mapping serta soundscape. Pihak Kawung Art Culture mau mendefinisikan kembali Wastra Nusantara, dan sebagai upaya untuk mengenal akar budaya.

"Pertunjukkan ini mengangkat kisah kain batik serta jejaknya dalam menceritakan jalur perjalanan manusia. Konsep ini pun bertujuan supaya sejarah 'batik' memiliki pijakan dan tak di lupakan. Sehingga, dia (batik) dapat lanjutkan rute perjalanan," ujar Sekar Sari dari Kawung Art Culture.

Baca : Ini Cara Menggunakan e-KTP dan Suket untuk Pencoblosan

Tak lupa, pengunjung diajak merasakan dinamika proses membatik dalam karya batik "PAT(h)TERN". Mereka memunculkan batik secara eksploratif dengan animasi baik warna, bentuk, atau permainan cahaya.

"Karya yang sangat memanjakan mata dan mengajarkan penonton banyak hal tentang perjalanan batik. Dipenuh oleh berbagai keindahan dan kesejukan dari karya seni," ujarnya.

Selain itu, pertunjukan PAT(h)HERN ini menghadirkan unsur elektronik melalui alat musik gamelan. Sedangkan gerak tubuh penari itu akan menggambarkan kompleksitas perasaan membatik.

"Yang pasti tarian ini menggambarkan suasana saat para pengrajin memulai membatik. Sehingga penonton banyak tau perjalanan membatik secara indah," tutupnya.