Segitiga Emas > Hiburan

Ini Inspirasi Kawung Art Culture

Minggu, 19 Maret 2017 21:35 WIB
Editor : Waritsa Asri | Reporter : Adresau Sipayung

Seni tari PAT(h)ERN yang dipentaskan Kawung Art Culture
Seni tari PAT(h)ERN yang dipentaskan Kawung Art Culture
Foto : Adresau Sipayung

Share this





Terinspirasi batik, Kawung Art Culture membuat tarian bertema PAT(h)ERN, guna mengeluarkan kisah, ajaran, filosofi, dan harapan tentang kehidupan lewat bat

THAMRIN - Kawung Art Culture menjadi salah satu komunitas seni yang sukses memukau penonton di pertunjukkan Galeri Indonesia Kaya, Sabtu, (18/3/2017) kemarin. Komunitas seni ini mengangkat tema tarian PAT(h)ERN.

Tarian PAT(h)ERN sendiri terinspirasi dari nilai-nilai pembuatan batik. Komunitas ini melihat batik tidak hanya berbicara motif. Tapi juga, batik memiliki kisah, ajaran, filosofi, serta harapan tentang kehidupan.

"Hal inilah yang membuat batik punya nilai lebih. Melalui tarian PAT(h)TERN, kami ingin mengurai batik lewat spirit dan proses olah rasa," ujar Sekar Sari dari Kawung Art Culture.

Di samping itu, Kawung Art Culture ini juga ingin mengungkapkan perasaan dalam pembuatan batik. Diantaranya, kesedihan, kemarahan dan perayaan kebahagiaan yang dituangkan dalam selembar kain batik.

Baca : Fenomena Ondel-ondel Jalanan, Sandiaga Uno Siap Beri Lapangan Kerja

"Semuanya dilewati dengan berbagai tantangan. Kita cuma mau tunjukkan perasaan itu kepada pengunjung agar mereka tidak melupakan sejarah dan pelestarian batik. Semoga saja anak-anak muda saat ini terinspirasi lewat pementasan tersebut," tutupnya.

Kawung Art Culture merupakan wadah pengembangan seni budaya Indonesia yang kreatif-independen. Komunitas ini bertujuan membangun minat genarasi muda agar mengenal, memahami dan menjaga nilai luhur seni budaya.